Wawasan Mingguan Pasar Indonesia: Reksa Dana Terproteksi, Reksa Dana Baru yang ditawarkan oleh Raiz - Raiz Invest

IHSG masih ditutup menguat dengan menguat 0,28% dalam sepekan terakhir. Akan tetapi, LQ45 ditutup melemah 1,31% dalam satu minggu terakhir. Pelemahan LQ45 disebabkan oleh arus dana asing yang mengalami ourflow sebesar Rp1 triliun MTD, sehingga menyebabkan saham – saham big cap yang mayoritas masuk ke indeks LQ45 mengalami pelemahan.

Sedangkan, IHSG menguat dikarenakan saham – saham small cap dan middle cap di sektor Kesehatan/farmasi yang mengalami kenaikan seiring dengan kasus COVID-19 yang masih naik dan bank digital dengan era digitalisasi yang semakin pesat. Dtambah lagi, salah satu perusahaan e-commerce Indonesia yang akan mencatatkan sahamnya di bursa juga menjadi katalis positif tersendiri bagi sektor digital.

Sumber: Bloomberg, Raiz Invest Indonesia

Dari sisi obligasi, yield obligasi Pemerintah 10 tahun mengalami sedikit penurunan dalam seminggu terakhir dengan turun sebesar 3bps. Penurunan yield obligasi Pemerintah disebabkan oleh penurunan yield US Treasury 10 tahun. Di sisi lain, nasabah institusi seperti asuransi dan dana pensiun masih terus masuk ke pasar obligasi dikarenakan pergerakan yield obligasi Pemerintah yang cenderung stabil.

Sumber: Bloomberg, Raiz Invest Indonesia

Melihat potensi pasar obligasi yang masih bagus dan yield yang masih menarik, Raiz menawarkan produk reksa dana baru, yaitu Reksa Dana Terproteksi. Apa yang dimaksud dengan Reksa Dana Terproteksi? Kenapa Reksa Dana bisa memproteksi? Semuanya akan kita bahas lebih detail pada blog khusus CPF yang kita terbitkan pada minggu ini dan minggu depan.

Raiz tertarik untuk menawarkan Reksa Dana Terproteksi kepada Raizers karena Reksa Dana ini dapat memberikan potensi imbal hasil di atas Deposit. Potensi imbal hasil tersebut dikarenakan adanya underlying asset pada Reksa Dana Terproteksi.

Selain itu, Raizers juga mendapatkan pembagian kupon/bunga dari Reksa Dana Terproteksi yang dibayarkan oleh manajer Investasi setiap 3 bulan selama Reksa Dana Terproteksi masih berjalan.

Ada pepatah Investasi yang bilang “Jangan menaruh telur dalam satu keranjang.” Saat ini Raizers hanya dapat memilih satu portofolio saja pada aplikasi. Dengan kehadiran Reksa Dana Terproteksi, Reksa Dana ini dapat menjadi solusi bagi Raizers untuk melakukan diversifikasi portofolio Investasi.

Untuk mengenal lebih lanjut tentang Reksa Dana Terproteksi, Raizers dapat mulai membaca blog Reksa Dana Terproteksi untuk pengetahuan awal dan blog – blog selanjutnya yang akan mengulas tentang Reksa Dana Terproteksi.

PRODUK PERFORMA 1 MINGGU PERFORMA (30 DECEMBER 2020 – 9 JULI 2021)
IHSG 0,28% 1,02%
LQ45 -1,31% -10,11%
Yield SUN 10 tahun -3bps 67bps
PASAR UANG
Avrist Liquid Fund 0,05% 1,97%
Manulife Dana Kas Syariah 0,05% 1,50%
PENDAPATAN TETAP
Avrist Bond Fund 0,20% 0,52%
Manulife Syariah Sukuk Indonesia 0,13% 0,01%
SAHAM    
Avrist Indeks LQ45 -1,33% -8,90%

Sumber: Infovesta, Raiz Invest Indonesia

DISCLAIMER

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Investasi Sekarang! Download E-book Belajar Investasi Untuk Pemula


Ada Pertanyaan? whatsapp