Wawasan Mingguan Pasar Indonesia: Pasar Saham Menguat: Saatnya Masuk ke Reksa Dana menjelang Window Dressing - Raiz Invest

Pasar saham ditutup menguat selama sepekan terakhir. IHSG ditutup menguat 1,04% sedangkan LQ45 menguat 1,28% pada penutupan perdagangan minggu lalu. Penguatan pasar saham dalam sepekan terakhir disebabkan oleh perkembangan data ekonomi Indonesia yang baik, seperti:

  1. Neraca perdagangan bulan Oktober yang mencatatkan surplus USD5,74 miliar dikarenakan ekspor yang meningkat 53,4% yoy dan impor yang juga naik 51,1% yoy; dan
  2. Dengan meningkatnya neraca perdangan selama 3Q-2021, Balance of Payments pada 3Q-2021 juga berpotensi membaik dibandingkan pada 2Q-2021

Nilai tukar Rupiah yang stabil di kisaran Rp14.200 – Rp14.300 juga menjadi sentiment positif bagi pasar saham walaupun dana asing masih keluar sebesar Rp1,2 triliun selama bulan November.

Sumber: Bloomberg, Raiz Invest Indonesia

Pasar obligasi juga bergerak menguat selama seminggu terakhir. Yield obligasi Pemerintah 10 tahun turun 8bps ke level 6,18% pada penutupan akhir minggu lalu. Penguatan yang terjadi pada pasar obligasi dikarenakan oleh nilai tukar Rupiah yang stabil dan Bank Indonesia yang tetap mempertahankan suku bunga acuan di 3,5% untuk bulan November.

Sumber: Bloomberg, Raiz Invest Indonesia

Kita melihat perkembangan data ekonomi Indonesia yang membaik menjadi sentiment positif bagi pasar saham dan pasar obligasi.

Neraca perdagangan yang terus melanjutkan tren surplus, perkembangan pasar ekspor, terutama ekspor komoditas, yang meningkat, nilai tukar Rupiah yang stabil dan BI yang mempertahankan suku bunga acuan menjadi alasan utama penggerak pasar di bulan November.

Dengan adanya efek window dressing setiap bulan Desember di setiap tahun, pasar saham biasanya mencetak pertumbuhan yang positif. Sehingga, ini saat yang tepat bagi Raizers untuk memindahkan dana investasinya dari Reksa Dana Pasar Uang atau Reksa Dana Pendapatan Tetap ke Reksa Dana Saham untuk berpotensi mendapatkan efek dari window dressing (berdasarkan statistik selama 10 tahun terakhir, pasar saham selalu ditutup menguat di bulan Desember).

Sumber: Infovesta, Raiz Invest Indonesia

 

 

 

 

Android/IOS

Investasi Sekarang! Download E-book Belajar Investasi Untuk Pemula


Ada Pertanyaan? whatsapp