Wawasan Mingguan Pasar Indonesia: Masih ada Kesempatan dalam Berinvestasi di Reksa Dana Terproteksi - Raiz Invest

Pasar saham dalam sepekan terakhir masih melanjutkan penguatan. IHSG menguat 0,48% sedangkan LQ45 melemah 0,17% dalam satu minggu terakhir. Penguatan IHSG masih didorong oleh penguatan saham-saham middle dan small caps; sementara, investor asing masih melakukan aksi jual terhadapap saham-saham big caps yang membuat indeks LQ45 melemah dalam seminggu terakhir.

Akan tetapi investor perlu waspada akan aksi profit taking terhadap IHSG setelah IHSG ditutup menguat dalam beberapa minggu terakhir. PPKM Darurat yang diperpanjang hingga 2 Agustus juga menjadi sentiment negatif bagi pasar saham dengan potensi penurunan pertumbuhan ekonomi yang lebih dalam di 3Q-2021.

Sumber: Bloomberg, Raiz Invest Indonesia

Dari sisi obligasi, yield obligasi Pemerintah 10 tahun turun 1bps dalam sepekan terakhir. Penurunan yield obligasi dikarenakan oleh kelanjutan penurunan yield US Treasury 10 tahun. Pergerakan nilai tukar Rupiah yang stabil di kisaran Rp14.400 – Rp14.500 juga menjadi sentiment positif  bagi pasar obligasi.

Sumber: Bloomberg, Raiz Invest Indonesia

Performa pasar obligasi yang baik dalam beberapa minggu terakhir membuat investasi di Reksa Dana Pendapatan Tetap dapat menjadi alternatif atau diversifikasi dalam berinvestasi. Dengan penurunan yield 10 tahun obligasi Pemerintah, investor dapat berinvestasi pada Reksa Dana Terproteksi yang masih dapat memberikan potensi imbal hasil di atas suku bunga Deposito dan juga yield 10 tahun obligasi Pemerintah. Reksa Dana Terproteksi juga dapat menjadi diversifikasi investasi yang baik dikarenakan resiko investasi yang lebih rendah dibandingkan Reksa Dana Saham.

Reksa Dana Terproteksi juga dapat memberikan pembangian imbal hasil berupa cash dividend yang juga dapat menjadi tambahan cashflow bagi investor Reksa Dana Terproteksi. Saat ini, investasi Reksa Dana Terproteksi melalui Raiz sudah mencapai Rp70 juta.

Masih ada kesempatan bagi Raizers yang ingin berinvestasi pada Reksa Dana Terproteksi. Raizers masih dapat membeli Reksa Dana Terproteksi sampai dengan 28 Juli 2021. Jangan lewatkan kesempatan berinvestasi pada Reksa Dana Terproteksi untuk menjadi diversifikasi investasi Raizers.

Link Beli Reksa Dana Terproteksi: https://app.raizinvest.id/cpf

PRODUK PERFORMA 1 MINGGU PERFORMA (30 DECEMBER 2020 – 23 JULI 2021)
IHSG 0,48% 2,05%
LQ45 -0,17% -9,54%
Yield SUN 10 tahun -1bps 42bps
PASAR UANG
Avrist Liquid Fund 0,06% 2,09%
Manulife Dana Kas Syariah 0,04% 1,59%
PENDAPATAN TETAP
Avrist Bond Fund 0,29% 1,11%
Manulife Syariah Sukuk Indonesia 0,08% 0,02%
SAHAM    
Avrist Indeks LQ45 -0,07% -8,25%
Android/IOS

Investasi Sekarang! Download E-book Belajar Investasi Untuk Pemula


Ada Pertanyaan? whatsapp