Wawasan Mingguan Pasar Indonesia: IHSG Tembus 6.500 dan Yield Obligasi Menurun: Pilih Reksa Dana Mana? - Raiz Invest

 

header email

Pasar saham kembali ditutup menguat dalam sepekan terakhir dengan IHSG ditutup menguat 2,34% dan LQ45 juga ditutup naik 3,44%. Kenaikan pasar saham dalam sepekan terakhir dipicu oleh dua hal:

  1. Kenaikan harga komoditas seperti batu bara, CPO dan nickel yang masih berlanjut;
  2. Inflow dana asing yang masih masuk sebesar Rp1,5 triliun atau Rp6,6 triliun MTD;
  3. Surplus neraca perdagangan yang berlanjut di bulan September sebesar USD4,4 miliar.

Dari sisi obligasi, yield obligasi Pemerintah 10 tahun melanjutkan pelemahannya sebesar 8bps ke level 6,27% dalam sepekan terakhir. Penurunan yield obligasi Pemerintah 10 tahun disebabkan oleh nilai tukar Rupiah yang menguat mendekati level Rp14,000 dan likuiditas  domestik yang masih kuat dari perbankan dan Bank Indonesia.

Sumber: Bloomberg, Raiz Invest Indonesia

Kita masih positif terhadap pasar saham Indonesia. Akan tetapi, dengan IHSG yang telah menembus level 6.600, kita melihat pasar saham rawan akan aksi profit taking. Sehingga, Raizers yang sekarang masih pada Reksa Dana Saham tidak ada salahnya untuk dapat berpindah ke Reksa Dana Saham ataupun Reksa Dana Pendapatan Tetap supaya dapat merealisasi keuntungan.

Dengan penurunan yield obligasi Pemerintah 10 tahun, investasi pada Reksa Dana Pendapatan Tetap menjadi salah satu pilihan untuk Raizers dapat menempatkan dana dari Reksa Dana Saham. Selain itu, ada Reksa Dana Terproteksi yang juga dapat menjadi salah satu opsi investasi dan mendapatkan cash dividend setiap 3 bulannya.

Sehingga, Raiz kembali menghadirkan Reksa Dana Terproteksi yaitu RDT Trimegah Proteksi LESTARI 19. Potensi imbal hasil RDT Trimegah Proteksi LESTARI 19 sebesar 6,8% atau setara dengan suku bunga Deposito sebesar 8,5%. Kita melihat potensi imbal hasil ini cukup menarik bagi Raizers karena dengan minimum investasi Rp1 juta, Raizers berpotensi mendapatkan potensi imbal hasil yang menarik dengan tingkat risiko yang moderat.

Sumber: Infovesta, Raiz Invest Indonesia

DISCLAIMER

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

 

 

 

 

 

Investasi Sekarang! Download E-book Belajar Investasi Untuk Pemula


Ada Pertanyaan? whatsapp