Wawasan Mingguan Pasar Indonesia (7 Juni - 11 Juni 2021) : Inflasi dan Investasi melalui Reksa Dana Saham - Raiz Invest

Pasar saham kembali menguat dalam sepekan terakhir. IHSG kembali menguat 0,50% dan walaupun LQ45 melemah sedikit 0,86% dalam seminggu terakhir. IHSG masih menguat dalam seminggu terakhir dengan arus dana investor asing yang masih terus masuk ke pasar modal. Arus dana asing masuk sebesar Rp4,6 triliun ke pasar saham.

Sumber: Bloomberg, Raiz Invest Indonesia

Dari sisi obligasi, yield obligasi Pemerintah 10 tahun turun tipis sebesar 7bps dalam sepekan terakhir. Pasar obligasi kembali meneruskan penguatan yield dengan arus dana asing yang juga masuk ke pasar obligasi sebesar Rp21,1 triliun dalam sepekan terakhir.

Sumber: Bloomberg, Raiz Invest Indonesia

Raizers sering mendengar dalam obrolan investasi bahwa inflasi dapat menggerus nilai investasi dari waktu ke waktu. Penjelasan inflasi secara singkat seperti ini:

 

Secara singkat, inflasi adalah kenaikan harga dalam jangka waktu panjang. Walaupun harga barang dan jasa meningkat seiring dengan waktu, belum tentu pendapatan masyarakat meningkat setara dengan kenaikan tingkat inflasi. Lalu, bagaimana cara Raizers dapat menangani inflasi? Berinvestasi melalui Reksa Dana Saham.

Kenapa Reksa Dana Saham? Reksa Dana Saham dapat memberikan imbal hasil yang tinggi dalam jangka waktu panjang. IHSG sudah menyentuh level 6.000 dan dengan beberapa katalis positif seperti arus dana asing yang terus masuk dan program vaksinasi untuk usia 18 tahun – 49 tahun yang gencar dengan harapan dapat memulihkan perekonomian pada 2H-201, sehingga saat yang tepat untuk masuk ke Reksa Dana Saham.

PRODUK PERFORMA 1 MINGGU PERFORMA (30 DECEMBER 2020 – 11 JUNI 2021)
IHSG 0,50% 1,95%
LQ45 -0,86% -3,56%
Yield SUN 10 tahun -7bps 47bps
PASAR UANG
Avrist Likuid Fund 0,06% 1,74%
Manulife Dana Kas Syariah 0,05% 1,31%
PENDAPATAN TETAP
Avrist Bond Fund 0,62% 0,40%
Manulife Syariah Sukuk Indonesia 0,12% -0,30%
SAHAM    
Avrist Indeks LQ45 -0,17% -2,25%

 

 

Sumber: Infovesta, Raiz Invest Indonesia

DISCLAIMER

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

 

Investasi Sekarang! Download E-book Belajar Investasi Untuk Pemula


Ada Pertanyaan? whatsapp