Tetap Semangat Berinvestasi di Tengah Wabah Virus Korona - Raiz Invest

Setelah menggemparkan dunia selama kurang lebih 3 bulan lamanya, akhirnya wabah virus korona (COVID-19) melanda Indonesia dan cukup meresahkan banyak pihak, terutama karena tingkat penyebaran virus ini sangatlah tinggi. Dalam waktu yang relatif singkat, jumlah pasien yang terinfeksi cukup besar dan tingkat kenaikan jumlah pasien sangatlah cepat menyerupai deret ukur. Pembahasan seputar wabah pun mengisi berbagai media, baik cetak dan elektronik. Di luar media, masyarakat pun gencar membicarakannya dalam berbagai forum, mulai dari forum yang bersifat obrolan atau humor sampai forum yang berisi informasi dan nasihat.

Bagaimana sebaiknnya Raizers menyikapi wabah COVID-19 ini, terutama dalam konteks investasi? Apa yang sebaiknya Raizers lakukan? Mari kita simak beberapa tips berikut.

  1. Siapkan dana darurat

Wabah COVID-19 telah menyerang seluruh dunia dan menimbulkan ketidakpastian serta guncangan terhadap perekonomian dunia. Seiring dengan makin banyaknya negara yang melakukan lockdown, arus barang dan jasa tentu akan terpengaruh. Kepanikan di kalangan masyarakat dapat memicu terjadinya pembelian barang kebutuhan pokok dalam jumlah besar (panic buying) sehingga mengakibatkan kenaikan harga.

Untuk mengantisipasi ketidakpastian di tengah wabah ini, ada baiknya Anda menyiapkan dana darurat. Besarnya dana darurat biasanya setara dengan 3-6 kali penghasilan bulanan Anda. Mengingat sifatnya sebagai dana siaga, dana darurat harus dapat dicairkan setiap saat dan nilainya tidak bergejolak mengikuti pergerakan pasar. Dengan demikian, instrumen yang cocok adalah tabungan bank atau Reksa Dana Pasar Uang. Saat ini Anda dapat berinvestasi di Reksa Dana Pasar Uang dengan memilih portofolio Konservatif.

  1. Manfaatkan koreksi pasar untuk investasi jangka panjang

Anda mungkin membaca di berbagai media tentang koreksi besar-besaran di bursa saham dunia. Bursa saham Indonesia juga tidak luput dari koreksi, di mana per tanggal 19 Maret 2020 Indeks Harga Saham Gabungan telah mengalami koreksi sebesar 34,83% sejak awal tahun, suatu angka yang tidaklah kecil. Namun koreksi pasar ini janganlah membuat Anda risau atau bahkan tertekan, karena sebenarnya ini merupakan kesempatan bagi Anda untuk menambah investasi Anda dengan harga murah. Koreksi di bursa saham itu ibarat toko yang sedang menggelar program diskon, jadi gunakanlah momen itu sebaik-baiknya.

Namun perlu diingat, bahwa investasi di saham atau Reksa Dana saham adalah investasi jangka panjang; Anda harus memiliki kapasitas untuk menunggu alias dana yang Anda investasikan adalah dana yang tidak Anda perlukan dalam waktu dekat. Contohnya jika Anda saat ini memiliki anak yang masih bayi, maka Anda bisa berinvestasi di saham atau Reksa Dana saham untuk biaya kuliah anak Anda.

Di aplikasi Raiz, Anda bisa berinvestasi di Reksa Dana indeks saham dengan memilih portofolio Agresif.

  1. Bertransaksilah secara online

Demi mencegah penyebaran virus korona, Anda sebaiknya menjaga jarak aman antar sesama (social distancing) dan mengurangi frekuensi penggunaan uang fisik. Untuk itu, sebaiknya Anda beralih melakukan transaksi secara online. Beruntung saat ini makin banyak aplikasi dan uang elektronik yang dapat Anda pilih untuk melakukan berbagai transaksi, mulai dari belanja kebutuhan sehari-hari, hingga untuk melakukan transaksi keuangan.

Dengan aplikasi Raiz, Anda bisa menabung dan berinvestasi dengan mudah, karena seluruh proses bisa dilakukan secara online melalui ponsel pintar Anda. Dengan demikian Anda bisa bertransaksi kapan pun dan di manapun, bahkan di rumah sekalipun bagi Anda yang sedang menjalankan program Work From Home (WFH) alias bekerja dari rumah.

Mari sama-sama kita hadapi wabah virus korona ini dengan tegar. Jangan biarkan kekhawatiran dan ketakutan menganggu Anda, namun jadikan wabah ini sebagai kesempatan untuk berinvestasi demi masa depan Anda. Jadi tetap semangat ya, Raizers!

Android/IOS

Investasi Sekarang! Download E-book Belajar Investasi Untuk Pemula

Ada Pertanyaan? whatsapp
Share via
Copy link
Powered by Social Snap