Saham Vs Emas, Sekarang Yang Mana Lebih Untung? - Raiz Invest

Kenapa investasi emas sangat disukai oleh banyak orang, terutama orang Indonesia jaman dulu? Pada saat ketidakpastian, potensi imbal hasil Investasi pada Instrumen Obligasi dan/atau saham tidak mampu mengkompensasi risiko yang ada. Sehingga, membuat Investor berpaling pada aset riil, seperti emas.

Tapi apakah teman-teman Raizers tahu bahwa investasi emas hanya bagus di dalam kondisi extreme seperti pandemi COVID-19 atau krisis global lainnya? Mari kita lihat chart di bawah ini.

 Sumber: Bloomberg

Di tahun 2008, Krisis Finansial Global yang bermula dari Amerika Serikat membuat harga emas naik signifikan. Sejarah terulang kembali di tahun 2020 dimana pandemi COVID-19 membuat perekonomian dunia berhenti dan harga emas kembali naik signifikan.

Dari pola tersebut terlihat kenaikan harga emas sebagai indikator akan terjadinya suatu krisis.

Mari kita bandingkan dengan pergerakan pasar saham di periode yang sama.

Sumber: Bloomberg

Ternyata pergerakan pasar saham sangat berbeda dengan pergerakan harga Emas. Apabila kita tetap berinvestasi pada pasar saham, baik di saat krisis ataupun tidak, maka return yang didapat jauh lebih besar apabila dibandingkan investasi pada emas.

Kita melihat potensi di pasar saham masih bagus. Program Vaksinasi yang gencar dan stimulus yang diberikan oleh Pemerintah (seperti pengurangan PPnBM) dapat membuat roda ekonomi lebih baik di tahun ini.

Kondisi saat ini pasar saham lumayan murah karena sudah berada di bawah level 6,000. Sehingga, ini saat yang tepat bagi para Raizers untuk mulai pindah ke RD saham.

Setelah baca blog ini, kamu bisa berdiskusi bareng-bareng tentang berinvestasi di emas atau saham di grup Telegram resmi Pojok Raiz (https://t.me/pojokraiz)

 

Android/IOS

Investasi Sekarang! Download E-book Belajar Investasi Untuk Pemula


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Ada Pertanyaan? whatsapp