Riba Vs Reksa Dana Syariah - Raiz Invest

Untuk yang belum tahu, di Raiz kami sudah memudahkan para investor baru untuk mulai berinvestasi. Raiz merupakan aplikasi investasi, namun yang membedakan kami adalah, kami bukanlah marketplace. Fokus kami bukanlah pada penjualan produk Reksa Dana, melainkan kami sebagai aplikasi ingin memberikan pengalaman yang sederhana dan terjangkau bagi para investor pemula untuk berinvestasi di Reksa Dana. Sehingga, di Raiz sudah telah kami sediakan berbagai jenis portofolio (profil resiko) untuk dipilih para investor agar dapat menentukan tujuan mereka dalam berinvestasi.

Di Raiz terdapat dua tipe portofolio, Konvensional dan Syariah.

Berikut adalah jenis portofolio Syariah yang ada di Raiz: 

Dalam pengertian bahasa Arab (azziyadah), riba berarti tambahan. Makna tambahan dalam riba adalah tambahan yang berasal dari usaha haram yang merugikan salah satu pihak dalam suatu transaksi.

Nah pertanyaannya disini adalah, apakah Investasi Reksa Dana Syariah merupakan Riba?

Contoh Riba yang lazim ditemukan dalam masyarakat adalah praktik meminjam ke rentenir, misalkan meminjam ke rentenir sebesar Rp5.000.000 lalu diharuskan mengembalikan sebesar Rp7.000.000.
Secara logika ada penambahan Rp2.000.000 sekalipun untuk mengkompensasi risiko yang diterima, nilai penambahan tersebut tidak dapat dinalar dan sangat berpotensi merugikan pihak peminjam.

Reksa Dana Syariah adalah wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola Manajer Investasi, untuk kemudian diinvestasikan ke dalam surat berharga seperti : saham dan obligasi yang sesuai dengan ketentuan dan prinsip syariah Islam.

Contoh Reksa Dana Syariah adalah berinvestasi ke perusahaan yang sesuai dengan prinsip syariah, misalkan berinvestasi sebesar Rp 5.000.000 lalu setelah beberapa tahun mengalami kenaikan hingga Rp6.000.000.
Nilai penambahan dari investasi Reksa Dana merupakan hasil dari produktivitas suatu aset yang akhirnya meningkatkan nilai investasi.

Berikut 4 faktanya:
1. Produk Reksa Dana Syariah dijamin kesyariahannya oleh DPS;
2. Reksa Dana Syariah dikelola oleh unit khusus;
3. Reksa Dana Syariah dikelola oleh manajer investasi syariah;dan
4. Reksa Dana Syariah memiliki rata-rata pertumbuhan market cap paling tinggi

Saat ini pasar modal Syariah sudah semakin berkembang dan berbagai produk investasi syariah sudah banyak tersedia sebagai pilihan, termasuk Reksa Dana syariah.

Sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia praktis memiliki potensi pangsa pasar modal syariah terbesar di dunia. Namun di sisi lain, rasio nilai kapitalisasi pasar terhadap PDB (Pertumbuhan Domestik Bruto) Indonesia masih berada di bawah 50%. Kondisi ini menunjukkan bahwa potensi pengembangan pasar modal, termasuk pasar modal syariah, dan di Indonesia masih sangat besar.

Di Raiz mempunyai 2 Portofolio Reksa Dana Syariah – 1 berbasis pasar uang dan 1 lagi berbasis pendapatan tetap/obligasi yang dikelola oleh salah satu Manajer Investasi Reksa Dana Syariah terkemuka di Indonesia dengan harapan agar Raiz dapat memberikan lebih banyak pilihan dan kesempatan bagi para investornya, khususnya mereka yang ingin investasinya sesuai dengan kaidah syariah.

“Dalam Islam sendiri menumpuk harta merupakan hal yang dilarang, sehingga berinvestasi sesuai landasan Syariah yang dapat memberikan kontribusi untuk orang lain merupakan hal yang dianjurkan.”

 

Android/IOS

Investasi Sekarang! Download E-book Belajar Investasi Untuk Pemula


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Ada Pertanyaan? whatsapp