Proses perjalanan investasi dan pencairan dana di aplikasi Raiz - Raiz Invest

Setelah kamu melakukan transaksi pembelian atau pencairan Unit Penyertaan Reksa Dana di aplikasi Raiz, mengapa saldo di layar aplikasi Raiz kamu tidak langsung ter-update?  Ini karena ada beberapa proses operasional yang harus dijalankan di Raiz dan melibatkan pihak-pihak terkait.

Cut-off time adalah batas waktu transaksi Reksa Dana (pembelian unit penyertaan, penjualan kembali unit penyertaan, dan pengalihan unit penyertaan) pada aplikasi Raiz. Batas waktu tersebut adalah pukul 13:00 WIB. Transaksi kamu akan dihitung menggunakan Nilai Aktiva Bersih per unit (NAB/unit) pada hari bursa yang sama jika transaksi dilakukan sebelum batas waktu pukul 13:00 WIB. Jika transaksi dilakukan setelah batas waktu, atau pada hari libur, maka perhitungan atas transaksi tersebut akan menggunakan NAB/unit pada hari bursa berikutnya.

Untuk investasi di portofolio konservatif maka akan muncul di T+2 (2 hari bursa) di aplikasi Raiz.

Untuk investasi di portofolio moderat dan agresif akan mumncul di T+2 (2 hari bursa) di aplikasi Raiz.

Pencairan dana di portofolio konservatif T+1 (1 hari bursa) akan masuk ke rekening Bank kamu.

Pencairan dana di portofolio moderat dan agresif T+4 (4 hari bursa) akan masuk ke rekening Bank kamu.

Simak kedua diagram ini untuk mengetahui proses apa saja dan kapan masing-masing proses tersebut dilakukan kamu bisa lihat gambar diatas untuk proses transaksi investasi dan dibawah ini untuk proses pencairan dana.

T= Hari Bursa, Hari Bursa adalah hari diselenggarakannya perdagangan Efek di Bursa yaitu hari Senin sampai dengan hari Jumat, kecuali hari tersebut merupakan hari libur nasional atau dinyatakan sebagai hari libur Bursa oleh Bursa.

S-INVEST (Sistem Pengelolaan Investasi Terpadu) adalah sistem atau sarana elektronik terpadu yang mengintegrasikan seluruh proses Transaksi Produk Investasi, Transaksi Aset Dasar, dan pelaporan di industri pengelolaan investasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 Angka 1 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 28/POJK.04/2016 tentang Sistem Pengelolaan Investasi Terpadu.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap