Pentingnya Melakukan Financial Check Up - Raiz Invest

Selama ini, mungkin Anda lebih mengenal istilah medical check up, yaitu pemeriksaan kesehatan guna mengetahui kondisi tubuh sehingga bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Nah, di dunia keuangan, ada yang namanya financial check up.

Financial check up dilakukan oleh mereka yang peduli dengan kondisi keuangan mereka, di mana mereka melakukan pemeriksaan kesehatan keuangan guna mengetahui apakah ada indikasi terjadinya masalah finansial, bagaimana mengatasi masalah keuangan, dan sebagainya. Dalam financial check up, biasanya Anda akan menuliskan secara detail aset apa saja yang dimiliki, berapa banyak utang yang dimiliki, hingga mencatat arus keuangan Anda.

Mengapa financial check up penting dilakukan? Berikut adalah manfaatnya:

  1. Mengidentifikasikan pos pengeluaran

Seringkali kita mendengar orang mengeluh bahwa uang mereka habis untuk membayar ini dan itu, alias gajinya numpang lewat. Begitu gajian, uang langsung ludes untuk melunasi utang, membayar cicilan, biaya hidup sehari-hari, dan sebagainya.

Ternyata, sebagian besar orang tidak disiplin mencatat pemasukan dan pengeluaran mereka. Dengan melakukan financial check up, Anda mengetahui apa saja pos pengeluaran Anda, sehingga Anda tidak perlu lagi meraba-raba atau bertanya-tanya, ke mana sajakah uang Anda selama ini.

  1. Mengontrol pengeluaran dengan cermat dan terarah

Pengeluaran yang tidak dicatat dan tak terkontrol hanya akan membuat Anda menghabiskan sisa uang yang dimiliki. Sebagai contoh, Anda masih memiliki sejumlah uang di tabungan. Karena itu Anda pun berpikir bahwa Anda bisa menggunakan tabungan tersebut, karena toh sebentar lagi Anda akan gajian. Padahal, uang di tabungan itu sejatinya bukan untuk dipakai, melainkan dicadangkan untuk keperluan darurat, atau untuk diinvestasikan. Dengan melakukan financial check up, Anda bisa mengontrol pengeluaran sehingga pengalokasiannya lebih tepat dan terarah.

  1. Merencanakan keuangan masa depan

Anda perlu menyadari bahwa financial check up merupakan bagian dari perencanaan keuangan masa depan. Di sisi lain, Anda perlu mengetahui apa yang menjadi impian finansial Anda selama ini sehingga Anda bisa tetap fokus pada rencana Anda, misalnya menikah, terbebas dari jeratan utang, liburan bersama keluarga, melakukan perjalanan ibadah (umroh, naik haji), dan sebagainya. Selain membantu Anda menggunakan uang dengan lebih cermat, financial check up dapat membantu Anda menuntaskan masalah keuangan demi mencapai impian finansial Anda.

Satu hal yang perlu diingat, masalah finansial merupakan hal yang penting dalam setiap aspek kehidupan. Karena itu, belajarlah mengelola keuangan Anda dengan mulai melakukan financial check up.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap