Pasar Saham Melemah Signifikan: Perlukah Raizers Khawatir? - Raiz Invest

Pasar saham ditutup melemah dalam sepekan terakhir. IHSG ditutup melemah 2,36% dan LQ45 juga melemah 2,34% pada akhir minggu lalu. Pasar saham ditutup melemah signifikan dalam seminggu teraknir disebabkan oleh munculnya varian virus COVID-19 baru yang dapat berpotensi penerapan kembali PPKM Level 4 dan menurunnya mobilitas masyarakat sehingga berpotensi menurunkan laju pertumbuhan ekonomi pada 4Q-2021/1Q-2022.

Sehingga, investor memilih untuk memindahkan dana investasinya keluar dari Emerging Market untuk sementara dan berpindah ke safe haven asset untuk meminimalisir potensi volatilitas di pasar saham yang disebabkan sentiment negatif dari varian Omicron.

Sumber: Bloomberg, Raiz Invest Indonesia

Pasar obligasi juga bergerak melemah dalam seminggu terakhir. Yield obligasi Pemerintah 10 tahun dalam seminggu terakhir naik 5bps ke level 6,23%. Sama halnya dengan pasar saham, pelemahan yang terjadi pada pasar obligasi juga disebabkan oleh munculnya varian COVID-19 baru sehingga investor lebih memilih untuk memindahkan sementara dananya ke safe haven asset seperti US Treasury atau kas.

Sumber: Bloomberg, Raiz Invest Indonesia

Terlepas dari munculnya varian COVID-19 yang dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi di 4Q-2021/1Q-2022, Raizers tidak perlu khawatir dan tetap berinvestasi pada Reksa Dana.

Kita sudah sering melihat dalam beberapa krisis ekonomi yang sudah terjadi sebelumnya, efek selloff dari beberapa krisi ekonomi yang telah terjadi hanya bersifat sementara dan pasar modal kembali menguat setelahnya. Sama halnya dengan sekarang dimana efek aksi jual oleh investor hanya bersifat sementara dan pasar modal berpotensi untuk kembali.

Kita juga melihat Pemerintah akan bergerak cepat untuk menghadang varian baru ini masuk ke Indonesia sehingga tidak terjadi gelombang ketiga seperti yang sekarang terjadi di Eropa.

Investasi merupakan langkah jangka panjang. Raizers tidak perlu panik dan tetap berinvestasi pada Reksa Dana. Penurunan yang terjadi kemarin merupakan blessing in disguise bagi Raizers karena memberikan kesempatan bagi Rakzers untuk menambah dana investasinya. Investasi secara rutin dan teratur di tengah kondisi apapun akan menambah hasil investasi Raizers dalam jangka panjang.

Sumber: Infovesta, Raiz Invest Indonesia

DISCLAIMER

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Android/IOS

Investasi Sekarang! Download E-book Belajar Investasi Untuk Pemula


Ada Pertanyaan? whatsapp