Menjadi Lebih Bahagia di Tahun 2020 - Raiz Invest

Anda bisa memilih untuk makan bakso. Anda dapat memilih untuk membaca novel favorit Anda. Anda dapat memilih untuk mengirim pesan kepada orang yang Anda sukai dengan meme yang sedang viral. Dan semua tindakan itu tentu saja dapat meningkatkan mood Anda, meskipun hanya beberapa menit. Tetapi bisakah Anda memilih untuk menjadi lebih bahagia dengan cara yang nyata dan dapat bertahan lama?

Jawabannya kompleks, karena kebahagiaan itu kompleks. Untuk satu hal, ada komponen genetik untuk suasana hati, menurut psikolog Suzann Pileggi Pawelski yang juga penulis buku Happy Together: Using the Science of Positive Psychology to Build Love that Lasts. Anak-anak dari orang yang lebih ceria cenderung lebih bahagia juga.

Reaksi kimia di otak (brain chemistry) juga berperan. Memberitahu seseorang dengan kecemasan atau depresi untuk “lebih gembira” adalah sangat tidak tepat karena berpotensi menyakitkan hati dan menunjukkan tidak adanya empati. Meski demikian, masih ada kabar baik. Penelitian menunjukkan bahwa setidaknya sebagian dari kebahagiaan Anda ada dalam kendali Anda. “Kebahagiaan tidak terjadi begitu saja,” kata Pileggi Pawelski, “tetapi kebiasaan sehat tentu dapat menentukan kesejahteraan pribadi kita.” Anda dapat memengaruhi suasana hati Anda dengan cara yang nyata dan bertahan lama, hanya dengan mengambil beberapa tindakan sederhana.

Berikut adalah hasil yang telah kami rangkum dari sekumpulan studi psikologi terbaru dan penuturan para ahli psikologi terkemuka, untuk memperoleh petunjuk tentang langkah-langkah paling kuat yang dapat Anda ambil untuk membuat pandangan Anda lebih cerah.

  1. Bangun hubungan/relasi yang kuat

“Koneksi dengan orang lain adalah komponen tunggal paling penting dari kebahagiaan,” kata Pileggi Pawelski. Lihat saja studi 80 tahun Harvard tentang kesejahteraan emosional dan perkembangan orang dewasa, yang menemukan hubungan yang penting untuk merasakan yang terbaik. “Pesan paling jelas yang kami dapatkan dari penelitian selama 75 tahun ini adalah ini: Hubungan yang baik membuat kita lebih bahagia dan lebih sehat.”, tutur pemimpin penelitian, Robert Waldinger, MD, dalam acara TED.

Yang Anda butuhkan adalah satu hubungan yang solid untuk mengalami fasilitas mental, kata Pileggi Pawelski. Seseorang yang dapat Anda hubungi di tengah malam jika Anda mengalami keadaan darurat; seseorang yang dapat Anda andalkan ketika Anda sedang stress berat; serta seseorang di mana Anda dapat membagikan pengalaman positif Anda.

Sekalipun Anda memiliki sekelompok sahabat yang Anda sukai, pengaruhnya sangat kuat sehingga perlu waktu untuk memperkuat ikatan itu. Sisihkan setidaknya dua malam dalam sebulan untuk bertemu muka (atau secara digital, jika Anda menjalin persahabatan jarak jauh) dengan teman-teman Anda. Atau bergabunglah dengan klub atau komunitas untuk bertemu orang-orang dengan minat yang sama, saran Gretchen Rubin, penulis The Happiness Project.

  1. Lakukan hal-hal yang membantu Anda tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik

Rubin mengatakan kebanyakan orang berkembang ketika mereka menjadi bagian dari “atmosfer pertumbuhan.” Dan penelitian mendukungnya. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki tujuan hidup cenderung lebih puas dan dilaporkan lebih sehat.

“Mungkin karena orang-orang dengan tujuan memiliki pandangan keseluruhan mengenai pentingnya tujuan mereka dalam kehidupan, mereka menjaga diri mereka lebih baik,” Eric Kim, PhD, dari Harvard School of Public Health.

Bangun gairah Anda, atau ambil langkah-langkah untuk memperkuat titik lemah Anda. Mulailah menulis blog; mengambil kelas fotografi; unduh aplikasi belajar bahasa asing; pakai platform Raiz untuk berinvestasi. Intinya, jangan pernah berhenti belajar.

  1. Dengarkan musik yang Anda sukai setiap hari

Ini sederhana, tetapi Rubin mengatakan itu membuat perbedaan besar yang signifikan. Studi menunjukkan bahwa itu bahkan dapat mengurangi kadar kortisol Anda – hormon stress yang dapat mengubah respons sistem kekebalan Anda dan menekan sistem pencernaan – dan berpotensi dapat menghilangkan rasa sakit.

Mendengarkan satu lagu tidak akan mengangkat suasana hati Anda selama periode waktu yang berkelanjutan, tetapi mendengarkan beberapa lagu favorit setiap hari dapat membuat Anda lebih ceria dan bersemangat.

  1. Berbuat baik

Anda tidak harus mulai menjadi relawan setiap minggu. Tetapi gunakan setiap kesempatan, sekecil apapun itu, untuk berbuat baik, misalnya memberikan kursi Anda di angkutan umum untuk seorang wanita hamil, menatap mata pelayan restoran dan dengan tulus mengucapkan terima kasih, atau merayakan prestasi yang baru dicapai oleh seorang sahabat.

Ulasan di International Journal of Behavioral Medicine menegaskan bahwa strategi ini efektif. Penelitian ini menemukan bahwa menjadi altruistik dikaitkan dengan kesejahteraan, kebahagiaan, kesehatan, dan umur panjang yang lebih besar.

  1. Ubah pola pikir Anda

Tip ini bisa terasa terlalu sederhana atau seperti pemikiran magis – tetapi ini benar-benar berhasil. Fokuskan perhatian Anda pada apa yang telah berjalan baik dalam hidup Anda daripada apa yang buruk, saran Pileggi Pawelski, misalnya bersyukurlah atas cuaca yang bagus daripada menggerutu karena Anda baru saja ketinggalan kereta. Ini akan meningkatkan suasana hati Anda saat ini, dan membantu latih otak Anda untuk terus memperhatikan hal-hal yang menyenangkan. Berpikir positif dan senantiasa bersyukur adalah kunci memperbaiki mood sehingga Anda menjadi pribadi yang optimis dan bersemangat.

Artikel ini diadaptasi dari www.refinery29.com.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap