Mengenal Reksa Dana - Raiz Invest

Anda mungkin pernah mendengar istilah Reksa Dana, tapi mungkin belum mengetahui definisinya. Secara sederhana, Reksa Dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

Struktur Reksa Dana

Suatu Reksa Dana didirikan berdasarkan Kontrak Investasi Kolektif (KIK) antara:

  1. Manajer Investasi yang berperan sebagai pihak yang melakukan pengelolaan serta pemantauan portofolio efek yang diinvestasikan oleh Reksa Dana.
  1. Bank Kustodian yang berperan sebagai pihak yang melakukan administrasi, penyimpanan aset Reksa Dana, dan menerbitkan serta mengirimkan surat konfirmasi transaksi & laporan bulanan kepada investor Reksa Dana.

Dalam transaksi Reksa Dana, Raiz berperan sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD), yaitu pihak yang melakukan penjualan Efek Reksa Dana berdasarkan kontrak kerja sama dengan Manajer Investasi pengelola Reksa Dana. Investor dapat memperoleh penjelasan terkait produk serta melakukan transaksi pembelian (subscription), penjualan (redemption) dan pengalihan (switching) Reksa Dana melalui Raiz.

Sebagai bentuk investasi dalam Reksa Dana, investor akan memperoleh Unit Penyertaan Reksa Dana yang diinformasikan oleh Bank Kustodian melalui Surat Konfirmasi Transaksi dan Laporan Bulanan.

Jenis Reksa Dana

Ada berbagai jenis Reksa Dana, dan di Raiz Anda dapat memilih salah satu dari ketiga jenis Reksa Dana berikut:

Reksa Dana Pasar Uang

Reksa Dana yang hanya melakukan investasi pada instrumen pasar uang dalam negeri dan/atau Efek bersifat utang yang diterbitkan dengan jangka waktu tidak lebih dari 1 (satu) tahun dan/atau sisa jatuh temponya tidak lebih dari 1 (satu) tahun. Jenis Reksa Dana ini cocok untuk investasi jangka pendek (<1 tahun) dan/atau cocok untuk investor dengan profil risiko sangat konservatif.

Reksa Dana Pendapatan Tetap

Reksa Dana Pendapatan Tetap adalah Reksa Dana yang melakukan investasi paling sedikit 80% (delapan puluh persen) dari Nilai Aktiva Bersih dalam bentuk Efek bersifat utang atau obligasi. Jenis Reksa Dana ini cocok untuk investasi dengan jangka waktu 1 – 3 tahun dan/atau cocok untuk investor dengan profil risiko konservatif.

Reksa Dana Saham

Reksa Dana Saham adalah Reksa Dana yang melakukan investasi paling sedikit 80% (delapan puluh persen) dari Nilai Aktiva Bersih dalam bentuk Efek bersifat ekuitas atau saham. Jenis Reksa Dana ini cocok untuk investasi dengan jangka waktu >5 tahun dan/atau cocok untuk investor dengan profil risiko agresif.

Risk & return profile

Potensi imbal hasil dan risiko ketiga jenis Reksa Dana di atas dapat digambarkan dalam diagram berikut:

Manfaat investasi di Reksa Dana

Pengelolaan yang profesional
Kekayaan Reksa Dana dikelola dan dimonitor setiap hari oleh Manajer Investasi yang profesional dan berpengalaman di bidang pengelolaan investasi. Dengan demikian Anda tidak perlu melakukan pekerjaan administrasi dan pengamatan pasar setiap saat.

Diversifikasi investasi
Dengan kumpulan dana dari banyak investor, Manajer Investasi dapat melakukan diversifikasi portofolio investasi yang akan memperkecil risiko investasi yang timbul.

Likuiditas
Pembelian, penjualan kembali dan pengalihan unit penyertaan dapat dilakukan kapan saja setiap hari bursa dan pencairan dana hasil penjualan kembali akan masuk ke rekening Pemegang Unit Penyertaan dalam waktu maksimum 7 hari bursa.

Transparansi
Reksa Dana memberikan informasi yang transparan kepada publik mengenai komposisi aset dan instrumen portofolio investasi, risiko yang dihadapi serta biaya-biaya yang timbul. Selain itu untuk proses pembukuan dilakukan oleh pihak independen selain Manajer Investasi, yaitu Bank Kustodian dan wajib diperiksa oleh Akuntan Publik yang terdaftar di OJK.

Potensi pertumbuhan nilai investasi
Dengan akumulasi dana dari banyak investor, Reksa Dana memperoleh biaya investasi yang relatif rendah karena besarnya dana yang dikelola, serta akses pada instrumen investasi yang mungkin sulit dilakukan secara individual. Hal ini memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh Pemegang Unit Penyertaan untuk memperoleh hasil investasi yang menarik sesuai dengan tingkat risikonya.

Terjangkau
Dana awal dalam investasi Reksa Dana relatif kecil apabila dibandingkan dengan investasi secara langsung di pasar modal. Bahkan di Raiz, Anda bisa mulai berinvestasi di Reksa Dana hanya dengan Rp10.000!

Bukan objek pajak
Hasil penjualan kembali dan keuntungan dari hasil investasi Reksa Dana bukan merupakan objek pajak.

Risiko Produk

Selain potensi keuntungan atau imbal hasil, investasi dalam Reksa Dana juga mengandung risiko yang perlu Anda perhatikan:
Risiko Berkurangnya Nilai Unit Penyertaan
Berkurangnya nilai Unit Penyertaan dapat disebabkan oleh:

  • Perubahan kondisi pasar (misalnya tingkat suku bunga, inflasi, dan lain-lain) yang mengakibatkan fluktuasi harga/tingkat pengembalian Efek.
  • Wanprestasi dari pihak perusahaan Penerbit Surat Berharga atau pihak yang terkait dengan Reksa Dana.
  • Force majeure atau kejadian kahar yang dialami oleh Penerbit Surat Berharga atau pihak yang terkait dengan Reksa Dana sebagaimana diatur dalam peraturan di bidang pasar modal.

Risiko Perubahan Kondisi Politik dan Ekonomi
Kinerja usaha industri dipengaruhi oleh kondisi perekonomian, kondisi peraturan dan iklim usaha bagi sektor usaha tersebut. Perubahan peraturan pemerintah terkait ekonomi makro, dunia usaha, dan perpajakan dapat mempengaruhi kondisi perekonomian dan kinerja usaha industri, yang kemudian mempengaruhi tingkat pengembalian dan hasil investasi yang akan diperoleh Reksa Dana.

Risiko Likuiditas
Apabila seluruh atau sebagian besar pemegang Unit Penyertaan secara serentak melakukan Penjualan Kembali kepada Manajer Investasi, maka dapat menyebabkan Manajer Investasi tidak mampu menyediakan uang tunai seketika untuk melunasi Penjualan Kembali Unit Penyertaan tersebut. Dalam hal terjadi keadaan-keadaan di luar kekuasaan (force majeure), Manajer Investasi dapat menolak Penjualan Kembali Unit Penyertaan sesuai dengan ketentuan dalam Kontrak Investasi Kolektif dan Peraturan OJK.

Tertarik untuk mulai berinvestasi di Reksa Dana?

Di Raiz Anda bisa mulai berinvestasi di Reksa Dana hanya dengan modal Rp10.000 saja, lho! Jadi dengan modal yang sangat minimal, Anda sudah bisa menikmati potensi imbal hasil yang optimal. Keuntungan lainnya adalah investasi di Raiz tidak dikenakan biaya (fee) pada saat pembelian, penjualan/pencairan dana maupun pengalihan portofolio sehingga imbal hasil yang Anda terima akan maksimal.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap