Mengenal Reksa Dana Pasar Uang - Raiz Invest

Teman-teman Raizers apakah mengetahui ada berapa jenis reksa dana konvensional di Indonesia? Apakah Raizers juga mengetahui bahwa reksa dana pasar uang termasuk salah satu reksa dana konvensional?

Reksa dana konvensional di Indonesia ada 4 (empat) jenis: Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Campuran, dan Reksa Dana Saham.

Pada kali ini, kita ingin membahas Reksa Dana Pasar Uang.

Reksa Dana Pasar Uang adalah reksa dana yang mempunyai kebijakan 100% pada deposito dan/atau instrumen pasar uang. Berikut adalah penjelasan terkait deposito dan instrumen pasar uang:

  1. Deposito: salah satu produk perbankan dimana nasabah menabung dalam periode tertentu dan mendapatkan bunga yang dibayarkan sesuai dengan periode deposito yang dipilih.
  2. Instrumen pasar uang: surat berharga yang mempunyai periode jauh tempo kurang dari 1 tahun.

Bagaimana profil risiko nasabah bagi yang ingin membeli produk reksa dana pasar uang? Profil risiko bagi pemegang reksa dana pasar uang adalah para nasabah yang mempunyai profil risiko sangat konservatif dimana jangka waktu investasi kurang dari 1 tahun. Nasabah tersebut tidak ingin rugi dan menerima ekspektasi hasil investasi antara 4% – 5% per tahun.

Mari kita lihat grafik kinerja reksa dana pasar uang yang ada pada aplikasi Raiz, yaitu Reksa Dana Avrist Liquid Fund:

Kinerja Reksadana (%)
1 Bln 3 Bln 6 Bln YTD 1 Thn 3 Thn 5 Thn SP*
Avrist Liquid Fund 0.39% 0.12% 2.32% 1.12% 5.28% n/a n/a 12.00%
Tolak Ukur 0.29% 0.85% 1.8% 0.85% 3.96% n/a n/a 9.34%
*SP : Sejak Peluncuran

Mungkin teman-teman bertanya kenapa kinerja reksa dana pasar uang, secara garis besar, bisa di atas tolok ukur atau deposito di bank? Ada beberapa faktor:

  1. Reksa dana pasar uang memiliki deposito dari beberapa bank yang dapat memberikan bunga di atas bunga deposito apabila menaruh deposito di satu bank saja;
  2. Instrumen pasar uang (mayoritas merupakan obligasi korporasi yang jatuh tempo kurang dari 1 tahun) memiliki kupon di atas bunga deposito untuk

Bagi Raizers yang ingin menyimpan dana daruratnya, apakah masih mau menyimpan di tabungan atau deposito saja? Akan lebih apabila menabung uang daruratnya secara berkala di reksa dana pasar uang sehingga dapat memberikan imbal hasil yang lebih baik apabila dibandinkgkan dengan hanya menabung di bank.

Jangan lupa besok kami akan ada tamu spesial dari AVRIST untuk berdiskusi bareng tentang Reksa Dana Pasar Uang di Raiz Talkz besok jam 5:00 – 5:30. Bang Razi nunggu yaa kehadiran Raizers semua di grup Telegram resmi Pojok Raiz.

Disclaimer

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Android/IOS

Investasi Sekarang! Download E-book Belajar Investasi Untuk Pemula


Ada Pertanyaan? whatsapp