Mana portofolio Reksa Dana yang cocok untuk kamu? - Raiz Invest

Dalam berinvestasi Reksa Dana, pemilihan portofolio merupakan hal paling awal yang harus Raizer lalui, kadang masih ada beberapa teman-teman pemula disini yang masih agak bingung dalam menentukan portofolio.

Di aplikasi Raiz kamu diharuskan memilih satu dari ketiga portofolio yang ada yaitu Konservatif, Moderat dan Agresif, tapi jangan khawatir bila dikemudian hari Raizer ingin merubah portofolio kamu, karena di aplikasi Raiz kamu bisa dengan mudah memindahkan portofolio satu ke portofolio lainnya dengan fitur Switching

Berbicara mengenai portofolio yang cocok untuk kamu, tentunya kamu harus menentukan terlebih dahulu tujuan investasi kamu dan juga menentukan jangka waktu investasi kamu, karena dari masing-masing portofolio yang ada mempunya karakter dan komposisi efek yang berbeda.

1. Portofolio Konservatif

Pada Portofolio Konservatif investasi akan ditempatkan setidaknya 80%-100% di efek pasar uang seperti Deposito dan Obligasi yang jatuh temponya kurang dari 1 tahun, ini cocok bagi kamu yang tingkat toleransi imbal hasil dan risiko rendah untuk tujuan jangka pendek. Gambar berikut merupakan contoh informasi mengenai komposisi aset portofolio konservatif yang di aplikasi Raiz.

2. Portofolio Moderat

Pada Portofolio Moderat investasi akan ditempatkan setidaknya 80% di efek pendapatan tetap seperti surat utang negara atau surat utang korporasi, portofolio ini cocok buat kamu yang mempunyai tingkat toleransi imbal hasil dan risiko sedang tujuan jangka menengah. Gambar berikut merupakan contoh informasi mengenai komposisi aset  portofolio moderat yang di di aplikasi Raiz.

3. Portofolio Agresif

Pada Portofolio Agresif investasi akan ditempatkan setidaknya 80% di efek saham, portofolio ini cocok buat kamu yang mempunyai tingkat toleransi imbal hasil dan risiko tinggi untuk tujuan jangka panjang. Gambar berikut merupakan contoh informasi mengenai komposisi aset Portofolio Agresif yang ada di aplikasi Raiz.

untuk lebih detail melihat alokasi masing-masing aset yang ada pada ketiga portofolio diatas kamu bisa baca di halaman https://raizinvest.id/product-disclosure-statement/ pada halaman ini kamu bisa mengunduh dan membaca detail dari masing-masing aset yang tertuang pada Fund Fact Sheet.

Atau pada aplikasi Raiz kamu dapat membuka pada bagian Invest kemudian pilih menu Portofolio, disana kamu bisa melihat alokasi aset pada halaman tersebut dan pilih Fund Fact Sheet pada halaman tersebut.

Bagaimana sekarang? Raizer sudah paham kan sudah tahu portofolio yang sesuai untuk kamu.

Android/IOS

Investasi Sekarang! Download E-book Belajar Investasi Untuk Pemula


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Ada Pertanyaan? whatsapp
Share via
Copy link
Powered by Social Snap