Konsistensi Sebagai Kunci Kesuksesan - Raiz Invest

Kalau kita berkesempatan untuk bertanya rahasia kesuksesan kepada para orang sukses, konsistensi pastilah menjadi salah satu kunci keberhasilan mereka. Tidak peduli besar atau kecilnya suatu hal, mereka melakukannya dengan konsisten dan tidak cepat menyerah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, konsistensi adalah ketetapan dan kemantapan dalam bertindak. Jika seseorang konsisten, berarti dia mantap dalan melakukan suatu hal secara terus menerus. Misalnya, konsistensi untuk berdoa sebelum tidur, konsistensi untuk tiba di kantor sebelum pukul 9 setiap pagi atau konsistensi untuk berlatih piano selama 1 jam setiap selesai makan malam.

Konsistensi membuat Anda semakin fokus dengan proses yang Anda lakukan tanpa terbebani dengan hasil yang akan Anda dapatkan. Lebih lanjut, jika Anda bisa belajar untuk konsisten dalam melakukan suatu hal, berarti Anda percaya akan perubahan yang sedang Anda usahakan. Meskipun perubahan itu hanya perubahan kecil setiap harinya, tapi kepercayaan diri Anda akan semakin bertambah, sehingga, alhasil Anda pun akan percaya bahwa Anda mampu menciptakan perubahan yang lebih besar.

Bagaimana konsistensi bisa membantu seseorang menjadi sukses? Coba perhatikan contoh berikut ini:

Ada 2 orang, A dan B, yang sama-sama bercita-cita menjadi penulis. A membeli banyak buku referensi tentang menulis, rajin mengikuti kelas menulis, serta bergaul dengan banyak sekali penuis ternama. Kalau dia mau menulis, dia akan nongkrong di kafe sambil mendengarkan musik yang dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi dan kreatifitas. Namun, ia hanya melakukan hal ini ketika sedang mood saja.

Sedangkan B, hanya menggali pengetahuan tentang menulis melalui Internet saja. Namun ia konsisten menulis 2-3 lembar karangan setiap malam sebelum tidur. Kemudian, ia juga rutin mengirimkannya ke berbagai media, tanpa peduli apakah tulisannya akan dipublikasikan, dan jika ya, ia juga tidak terlalu ambil pusing apakah tulisannya diterima pembaca atau tidak.

Menurut Anda, mana yang akan sukses menjadi penulis: A atau B? Jawabannya adalah B, karena B sudah menghasilkan lebih banyak karya dan bahkan berhasil menerbitkannya. Melakukan hal yang konsisten setiap hari, sekecil apapun itu, akan jauh lebih menghasilkan.

Apakah ada alasan lain yang membuat konsistensi menjadi salah satu kunci kesuksesan? Tentu ada, bahkan ada sedikitnya 3 alasan seperti diuraikan berikut ini:

  1. Konsistensi membuat keinginan kamu terus terjaga

Karena Anda rutin melakukan hal kecil tersebut setiap hari, maka keinginan Anda akan terus terjaga. Selain itu, Anda juga tidak akan merasa perlu persiapan besar untuk melakukan sesuatu. Menceburkan diri dalam suatu kegiatan adalah suatu hal yang relatif mudah bagi Anda dan Anda tidak akan kehilangan antusiasme dalam melakukan apapun.

  1. Konsistensi membantu Anda mengasah keahlian

Ketika Anda melakukan sesuatu secara konsisten, maka praktis keahlian Anda terus terasah. Misalnya, Anda konsisten berbicara dalam bahasa Inggris setiap hari dengan atasan Anda yang seorang ekspatriat, tentu kemampuan berbahasa Inggris Anda dari hari ke hari akan semakin meningkat. Dan dengan lancer berbahasa Inggris, rasa percaya diri pun akan meningkat.

  1. Konsistensi membuat Anda lebih produktif

Jika Anda konsisten mengerjakan suatu hal, Anda akan secara sukarela menyingkirkan gangguan-gangguan kecil (seperti mengecek media sosial atau ngobrol ngalor-ngidul) demi menjaga konsistensi Anda. Alhasil, tentu Anda akan menjadi lebih produktif karena Anda akan mampu menghasilkan banyak karya atau menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dibandingkan mereka yang tidak konsisten.

Selanjutnya, apa aja yang bisa Anda lakukan untuk menjaga konsistensi? Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Cobalah untuk memegang janji terhadap diri sendiri

Ingat, konsisten juga berarti tidak mengkhianati apa yang telah Anda janjikan untuk Anda lakukan. Misalnya, jika Anda berjanji kepada diri sendiri untuk bangun pagi setiap hari Minggu dan berolahraga, maka Anda harus menepati janji tersebut.

  1. Tentukan target yang spesifik dan realistis

Misalnya, jika Anda ingin bisa konsisten menabung untuk jalan-jalan di akhir tahun, buatlah target spesifik berupa angka dari uang yang bisa kamu sisihkan setiap hari dan darimana uang tersebut akan kamu alokasikan.

  1. Selalu bersiap untuk gagal

Mengapa orang sukses bisa terus konsisten dalam mencapai tujuannya? Karena mereka menganggap bahwa kegagalan adalah hal biasa. Mereka bangkit lagi, melakukan evaluasi dan tetap konsisten melakukan hal-hal yang bisa mendekatkan mereka ke tujuan tersebut. Kalau Anda merasa gagal lalu menyerah, maka Anda kamu akan berhenti melakukan sesuatu. Ujung-ujungnya, kesuksesan hanyalah sekedar impian!

Setelah mempelajari ulasan di atas, pernahkah Anda menyadari bahwa Anda juga memerlukan konsistensi agar sukses dalam berinvestasi? Seperti halnya contoh kasus di atas, Anda tidak akan memperoleh hasil jika Anda tidak pernah memulai, atau tidak pernah konsisten berinvestasi. Bukan masalah besar atau kecilnya dana yang Anda investasikan, tapi dengan konsisten berinvestasi, maka seiring berjalannya waktu dana yang terkumpul akan menjadi signifikan. Seperti kata pepatah, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

Lebih lanjut, dengan konsisten berinvestasi maka Anda (1) memelihara agar keinginan Anda untuk memupuk kekayaan terus terjaga; (2) menimba pengetahuan Anda tentang seluk-beluk investasi, serta mengasah keahlian Anda dalam membaca tren pasar dan menentukan instrumen investasi yang pas; dan (3) meningkatkan nilai kekayaan atau asset Anda seiring berjalannya waktu.

Sebagai investor, lakukan langkah-langkah berikut agar Anda bisa konsisten berinvestasi:

  1. Buat janji investasi terhadap diri sendiri dan tepatilah janji tersebut

Anda bisa membuat janji sederhana, misalnya untuk menyisihkan Rp10 ribu setiap minggu untuk diinvestasikan. Aplikasi Raiz dapat membantu Anda menepati janji ini melalui fitur Recurring atau cicilan investasi, di mana Anda tinggal mengatur berapa sering Anda ingin berinvestasi (harian, mingguan, dua mingguan, bulanan) dan berapa nilai yang ingin dapat investasikan setiap kalinya.

  1. Tentukan target investasi yang spesifik dan realistis

Makin spesifik target yang Anda tentukan, makin besar kemungkinan Anda akan mencapainya karena tujuan yang spesifik membantu Anda untuk fokus pada tujuan tersebut. Misalnya, jika pada bulan Maret Anda membuat target liburan akhir tahun di Singapura, maka Anda tahu persis bahwa Anda punya waktu kurang lebih 8 bulan untuk merealisasikannya, dan Anda tahu persis berapa jumlah uang yang diperlukan untuk membiayai liburan tersebut. Lebih lanjut, Anda juga harus realistis dalam menentukan target dan cara mencapai target tersebut. Misalnya, jika Anda baru mulai bekerja dan memiliki penghasilan yang belum besar, jangan membuat target yang terlalu muluk seperti menggelar resepsi pernikahan di hotel mewah. Target yang tidak realistis cenderung sulit atau bahkan mustahil untuk dicapai, dan berpotensi membuat Anda kecewa atau putus asa.

  1. Selalu bersiap untuk gagal

Investasi mengandung risiko, dan hasil investasi tidak selalu positif, melainkan bergerak naik-turun mengikuti pergerakan pasar. Dengan demikian, ada kalanya nilai portofolio Anda naik, dan ada kalanya turun. Dengan memahami profil risiko Anda, Anda bisa mengukur tingkat toleransi Anda terhadap risiko dan menyiapkan mental untuk “gagal” (mengalami penurunan nilai portofolio). Kesiapan mental ini akan membuat Anda tidak mudah menyerah atau putus asa dalam berinvestasi.

Bagaimana Raizers? Yuk, mulai konsisten berinvestasi – niscaya Anda akan sukses meraih mimpi masa depan Anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Ada Pertanyaan? whatsapp
Share via
Copy link
Powered by Social Snap