Investor Reksa Dana Punya Hak . . . Apa Saja Hak Investor Reksa Dana? - Raiz Invest

Investor Reksa Dana Punya Hak . . . Apa Saja Hak Investor Reksa Dana?

Sebagai investor Reksa Dana, Raizers mempercayakan dana hasil kerja keras kalian untuk dikelola oleh Manajer Investasi agar tujuan keuangannya bisa tercapai. Selain pelayanan berkualitas, apa saja hak Raizers sebagai seorang investor Reksa Dana?

Hak investor Reksa Dana telah diatur secara jelas dalam KIK (Kontrak Investasi Kolektif) antara Manajer Investasi dan Bank Kustodian. Ringkasan kontrak tersebut selanjutnya dikenal dengan nama Prospektus. Maka, apabila Raizers seorang investor dan ingin mengetahui hak-hak kalian, maka kalian bisa mengetahuinya dengan membaca Prospektus.

Secara umum, sebagai investor Reksa Dana, Raizers mempunyai 6 hak:

  1. Hak untuk Memperoleh Pembagian Hasil Investasi

Keuntungan Reksa Dana biasanya terjadi dalam bentuk kenaikan harga dan/atau pembagian dividen. Dengan memiliki unit penyertaan Reksa Dana, kenaikan harga dan/atau dividen tersebut dinikmati sesuai jumlah unit yang dimilikinya. Tidak ada perbedaan antara pemegang unit mayoritas dan minoritas, dan setiap investor berhak atas porsi hasil Investasi.

 

  1. Hak untuk Menjual Kembali Sebagian atau Seluruh Unit Penyertaan

Transaksi penjualan Reksa Dana dikenal dengan istilah redemption. Investor Reksa Dana berhak melakukan penjualan atas sebagai atau seluruh unit penyertaan sepanjang lebih besar dari ketentuan minimum yang ditetapkan dalam prospektus.

  1. Hak untuk Memperoleh Surat Konfirmasi Kepemilikan Unit Penyertaan

Setelah melakukan transaksi, selanjutnya investor akan mendapatkan surat konfirmasi yang berisi nilai transaksi, biaya, dan Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan (NAB/Up) yang berasal dari Bank Kustodian. Surat konfirmasi bukanlah bukti kepemilikan, sifatnya hanya informatif bahwa investor telah melakukan transaksi.

  1. Hak untuk Memperoleh Informasi Mengenai NAB/Up Terkini

Perkembangan hasil Investasi biasanya diketahui dengan cara perkalian antara jumlah unit yang dimiliki dan NAB/Up setiap harinya. Manajer Investasi juga wajib mengumumkan NAB/Up kepada nasabah dan khalayak umum setiap hari.

  1. Hak untuk Memperoleh Laporan-Laporan Reksa Dana

Laporan Reksa Dana yang dimaksud di sini adalah prospektus atau prospektus pembaharuan dan Fund Fact Sheet. Prospektus atau prospektus pembaharuan biasanya berisi ringkasan KIK dan Fund Fact Sheet berisi perkembangan pengelolaan Reksa Dana mulai dari dana kelolaan, perbandingan kinerja Reksa Dana, dan garis besar portofolio Reksa Dana.

  1. Hak atas Hasil Likuidasi secara Proporsional jika Reksa Dana Dibubarkan

Ketika ada beberapa faktor yang menyebabkan suatu Reksa Dana harus dibubarkan (contoh: gagal mencapai dana kelolaan Rp10 miliar dalam periode tertentu atau Manajer Investasi dan Bank Kustodian sepakat untuk membubarkan Reksa Dana) maka instrumen saham, obligasi dan pasar uang yang ada dalam Reksa Dana akan dijual pada harga pasar dan hasil penjualan akan dikembalikan ke masing-masing investor secara proporsional sesuai jumlah Unit Penyertaannya.

Nah, Raizers sudah mengetahui nih yang menjadi hak kalian semua ketika membeli Reksa Dana melalui Raiz. Semua hak Raizers telah diatur berdasarkan prospektus masing-masing Reksa Dana yang ada pada aplikasi Raiz.

 

Android/IOS

Investasi Sekarang! Download E-book Belajar Investasi Untuk Pemula


Ada Pertanyaan? whatsapp