Investasi di Raiz kena biaya transfer, yes or no? - Raiz Invest

– Kenapa ada biaya transfer ?

Perlu kita bersama ketahui, system keuangan baik yang konvensional (Bank, Kartu Kredit dll) ataupun yang berbasis teknologi (E-Money, E- Wallet, dll) memiliki komponen biaya transfer.

Contohnya bila menggunakan transfer antar Bank, akan terkena biaya antara 3500 โ€“ 6500. Kemudian kamu juga pasti pernah membayar biaya yang dikenakan oleh platform E Wallet dan E Money setiap kamu melakukan top up saldo (Biayanya sekitar Rp1000).

Begitu pula di Raiz dan perusahaan-perusahaan lain yang menggunakan pihak ke 3 sebagai agen pembayaran. Selama ini kami menanggung biaya transfer yang terjadi setiap nasabah kami bertransaksi, nilainya pun beragam, ada yang bersifat % dari nilai transaksi ada biaya Flat dalam bentuk rupiah.

– Rugi atau Untung?

Jawabannya tergantung dari sisi mana kamu (investor) melihatnya. Bila hanya membandingkan antara platform yang satu dengan yang lain dari sisi pengenaan biaya tranfer, maka tentunya pengenaan biaya di platform Raiz akan terlihat tidak menguntungkan.

Namun bila dilihat secara keseluruhan apa yang Raiz berikan, maka Investasi di Raiz tetap memberikan benefit lebih.

Saat ini Raiz memiliki program Loyalty bersama DANA, dimana setiap transaksi kamu sebesar Rp10.000 akan mendapatkan 1 poin loyalty. 1 Poin loyalty bernilai Rp500 dimana bisa kamu tukarkan menjadi voucher potongan transaksi saat kamu melakukan investasi berikutnya. Bila investor berinvestasi diatas 60rb, maka sebetulnya biaya transaksi sebesar Rp3000 tadi sudah tertutupi.

– Model bisnis yang sehat untuk semua pihak

Dengan kamu membayarkan fee transfer, sebetulnya kamu telah membantu menjadikan iklim bisnis di Industri Investasi menjadi sehat. Kenapa? Karena perusahaan dapat mengalokasikan budgetnya untuk kegiatan promosi dan marketing, dimana manfaat dari kegiatan tersebut akan langsung dinikmati oleh pihak nasabah (bukan pihak lain).

Kemudian hal ini juga meminimalkan risiko adanya arahan yang dilakukan oleh pihak penjual untuk membeli suatu produk Investasi yang tingkat risikonya tidak sesuai dengan profil yang kamu miliki.

Android/IOS

Investasi Sekarang! Download E-book Belajar Investasi Untuk Pemula


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Ada Pertanyaan? whatsapp
Share via
Copy link
Powered by Social Snap