Financial Planning: Cara Mengatur Gaji Kamu? - Raiz Invest

Tujuan melakukan financial planning adalah agar kamu bisa mencapai financial freedom di kemudian hari. Apa sih yang dimaksud dengan financial freedom?

 

  1. Tidak ada hutang kartu kredit dan KTA.
  2. Cicilan hutang maksimal 30% dari penghasilan.
  3. Mempunyai dana darurat 3 – 12 bulan pengeluaran.
  4. Terlindungi asuransi.

Bagaimana cara kita bisa mencapai financial freedomSimple. Caranya, sisihkan sebagian dari gaji kita untuk diinvestasikan.

Mungkin masih banyak yang bingung berapa persentase yang harus dialokasikan untuk keperluan investasi. cara simple adalah sebagai berikut:

Pos Alokasi
Biaya Hidup 50%
Investasi (Reksa Dana, Emas, Saham, dll) 30%
Biaya Lainnya 20%

Tetapi, akan lebih baik apabila alokasi untuk investasi lebih besar untuk menghadapi situasi darurat seperti kondisi saat ini:

Pos Alokasi
Biaya Hidup 50%
Investasi (Reksa Dana, Emas, Saham, dll) 40%
Biaya Lainnya 10%

Memang terlihat berat bagi sebagian masyarakat untuk menyisihkan 30% – 40% dari gaji untuk berinvestasi. Akan tetapi, dengan menyisihkan dana untuk investasi, kita pasti bisa mencapai financial freedom di kemudian hari.

Di Bulan Ramadhan ini teman-teman pasti akan menerima THR, jangan lupa sisihkan sebagian THR untuk investasi.

“Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ketepian. Berinvestasi dahulu, bersenang-senang kemudian.”

Kalau Raizers masih bingung atau ingin mengetahui cara mengaturkan gaji kamu, besok kami ada Raiz Talkz di Pojok Raiz pukul 17:00 WIB, untuk kamu bisa berdiskusi lebih lanjut dengan Investment Specialist dari Raiz!

Raiz menunggu kehadiran kamu di Raiz Talkz besok!

 

DISCLAIMER


Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

 

 

Android/IOS

Investasi Sekarang! Download E-book Belajar Investasi Untuk Pemula


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Ada Pertanyaan? whatsapp