Tips Investasi: Menabung Dana Darurat - Raiz Invest

Image Name

Pada umumnya, kita harus menyisihkan sebagian dari penghasilan kita untuk keperluan dana darurat. Kenapa? Karena di dalam hidup ini tidak menentu apa yang akan datang di masa depan dan alangkah baiknya kita selalu siap apabila badai menghadang. 

Dana darurat yang disiapkan baiknya adalah setara 3-6 bulan dari jumlah pengeluaran kita. Rumusnya sebagai berikut: 3 x 50% pengeluaran x gaji.

Contoh: Apabila gaji kamu sebesar Rp2.000.000 (dua juta) dengan alokasi pengeluaran sebesar 50% dari gaji (50% x Rp2.000.000.000 = Rp1.000.000), maka dana darurat yang kamu harus punya sebesar Rp3.000.000 (3 x Rp1.000.000).

Sepertinya memang berat apabila harus menyiapkan dana darurat setara dengan 3-6 bulan pengeluaran di awal. Tetapi, ada cara yang menunjang untuk kamu melakukannya. Dalam menyiapkan dana darurat, melalui berinvestasi bisa menjadi opsi yang baik terutama berinvestasi di Reksa Dana Pasar Uang.

Mari kita lihat simulasi dengan investasi awal Rp100.000 dan rutin menabung Rp100.000 tiap bulannya melalui Reksa Dana Pasar Uang (dengan asumsi return Reksa Dana Pasar Uang 4,5% p.a.):

Image Name

Kita bandingkan juga dengan menabung di Bank meggunakan skema yang sama (investasi awal Rp500.000 dan setiap bulannya menambah Rp100.000):

Image Name

Apabila kita ihat dari simulasi di atas, dana darurat terlihat lebih tepat untuk ditaruh pada Reksa Dana Pasar Uang. Mungkin para Raizers berpikir bahwa dana darurat yang ditaruh pada Reksa Dana Pasar Uang tidak dapat dicairkan sewaktu-waktu. Nah, kita sampaikan beberapa keuntungan Reksa Dana Pasar Uang yang ada di aplikasi Raiz:

  1. Aman. Raiz sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  2. Investasi dapat dicairkan sewaktu-waktu. Baca disini blog tentang “Pencairan Dana dan Retur” 
  3. Investasi mulai dari Rp 10.000.
  4. Dengan biaya transfer rendah, kamu tinggal memilih metode pembayaran yang paling cocok. Bisa menggunakan Go-Pay, ShopeePay, M-BCA, dan aplikasi lainnya dengan kode QRIS!
  5. Mendapatkan bunga sejak pertama kali investasi.
  6. Kinerja investasi dapat langsung dipantau di aplikasi.

Jadi, jangan takut untuk menaruh dana darurat kamu di Reksa Dana Pasar Uang yang ada di aplikasi Raiz.

Gurun pasir gersang. Kan kulewati. 

Walau badai menghadang. Dana darurat sudah kusiapkan sejak dini. 

Image Name

Disclaimer

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Android/IOS

Investasi Sekarang! Download E-book Belajar Investasi Untuk Pemula


Ada Pertanyaan? whatsapp