Bagaimana Dampak Pasar Saham dan Obligasi selama Bulan Ramadhan? - Raiz Invest

Teman-teman Raziers penasaran gak sih bagaimana performa IHSG dan obligasi di bulan Ramadhan?

Berdasarkan data dari IDX dan IBPA, selama bulan Ramadhan di 5 tahun terakhir, performa pasar saham dan obligasi meningkat. Dari data yang ada, kita melihat 3 tahun dari 5 tahun (60% probabilitas), pasar saham dan pasar obligasi di bulan Ramadhan mengalami peningkatan.

Sebagai pengingat bagi teman-teman Raizers kapan jatuhnya bulan Ramadhan selama 5 tahun terakhir, bulan Ramadhan jatuh pada bulan-bulan berikut:

2016: 6 Juni – 5 Juli

2017: 27 Mei – 24 Juni

2018: 17 Mei – 14 Juni

2019: 6 Mei – 4 Juni

2020: 24 April – 23 Mei

Nah, sekarang kita lihat bagaimana peforma IHSG berdasarkan data dari Bloomberg pada bulan-bulan tersebut:

Sumber: Bloomberg, Raiz Invest Indonesia

Karena reksa dana saham yang ada di aplikasi Raiz adalah reksa dana saham berbasis LQ45, mari kita lihat juga performa LQ45 selama bulan Ramadhan:

Sumber: IDX, Raiz Invest Indonesia

Bagaimana dengan pasar obligasi? Performa pasar obligasi berkorelasi positif dengan masuknya dana asing ke pasar obligasi. Sehingga, mari kita lihat pergerakan dana asing di pasar obligasi selama bulan Ramadhan dalam lima tahun terakhir.

 Sumber: DJPPR, Raiz Invest Indonesia

Setelah kita melihat aliran dana asing ke pasar obligasi, mari kita simak pergerakan yield obligasi pemerintah 10 tahun selama bulan Ramadhan:

Sumber: IBPA, Raiz Invest Indonesia

*  Pergerakan yield obligasi bertolak belakang. Penurunan yield menandakan kenaikan harga obligasi dan sebaliknya.

Nah, teman-teman bisa lihat sendiri bahwa performa IHSG , LQ45 dan obligasi terdapat 3 tahun dari 5 tahun (60% probabilitas) dimana bulan Ramadhan memiliki kinerja yang positif (2016, 2017 dan 2020).

Sehingga, teman-teman Raizers dapat merubah portofolio reksa dana yang tadinya ada di pasar uang untuk masuk ke pasar obligasi atau saham. Bagi teman-teman yang sudah memiliki Reksa Dana saham atau obligasi, saatnya untuk menambah saldo supaya investasinya terus bertambah.

Ayo ikutan group diskusi resmi “Pojok Raiz” di telegram t.me/pojokraiz. Kamu bisa ngobrol dengan Raizer lainnya dan mendapatkan banyak informasi dan update terbaru tentang Aplikasi Raiz.

DISCLAIMER


Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

 

Android/IOS

Investasi Sekarang! Download E-book Belajar Investasi Untuk Pemula


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Ada Pertanyaan? whatsapp