Wawasan Mingguan Pasar Indonesia: Apakah Raizers Sudah Menyiapkan Dana Darurat? - Raiz Invest

Pasar saham dalam seminggu terakhir berhasil menguat. IHSG ditutup menguat 1,31% dan LQ45 juga ditutup menguat 0,97% dalam seminggu terakhir. Pasa saham menguat selama seminggu terakhir disebabkan oleh dana asing yang kembali masuk ke pasar saham sebesar Rp1,9 triliun dalam seminggu terakhir.

Pada pertemuan Bank Indonesia minggu lalu, Bank Indonesia tetap mempertahankan 7D-RRR di level 3,50%. Dengan Bank Indonesia mempertahankan suku bunga acuannya, nilai tukar Rupiah stabil di level Rp14.200 – Rp14.300 pada seminggu terakhir.

Sumber: Bloomberg, Raiz Invest Indonesia

Dari sisi obligasi, yield obligasi Pemerintah 10 tahun turun tipis sebesar 2bps dalam sepekan terakhir. Pergerakan Rupiah yang stabil dan Bank Indonesia yang mempertahakan suku bunga acuannya di 3,50% membuat yield turun tipis.

Sumber: Bloomberg, Raiz Invest Indonesia

Dari hasil riset, hanya 9,3% orang di Indonesia yang sudah memiliki dana darurat di masa tua. Angka tersebut terbilang sangat kecil karena orang Indonesia lebih memilih untuk spending dibandingkan dengan savings. Jarang ada orang Indonesia yang memiliki tambahan dana darurat di masa tua diluar yang di tanggung oleh Pemerintah. 

Pemerintah hanya menanggung 2 bagian bawah, dimana bagian tersebut hanya mencakup 30% dari total pendapatan kita saat ini. Sehingga, perlu dibutuhkan tambahan dana darurat di luar yang ditanggung oleh Pemerintah karena dana darurat akan dibutuhkan seumur hidup.

Kita melihat dana darurat dapat ditabung melalui Reksa Dana:

  1. Dana darurat untuk kebutuhan mendadak dapat ditabung melalui Reksa Dana Pasar Uang supaya dapat dicairkan kapan saja ketika ada kebutuhan;
  2. Dana darurat untuk masa tua dapat ditabung melaui Reksa Dana Pendapatan Tetap atau Reksa Dana Saham karena dana tersebut akan digunakan ketika memasuki masa tua/pensiun.
PRODUK PERFORMA 1 MINGGU PERFORMA (30 DECEMBER 2020 – 21 MEI 2021)
IHSG 1,31% -2,18%
LQ45 0,97% -7,30%
Yield SUN 10 tahun -2bps 55bps
PASAR UANG
Avrist Likuid Fund 0,06% 1,62%
Manulife Dana Kas Syariah 0,04% 1,21%
PENDAPATAN TETAP
Avrist Bond Fund 0,21% -0,53%
Manulife Syariah Sukuk Indonesia 0,24% -0,62%
SAHAM    
Avrist Indeks LQ45 0,94% -6,65%

Sumber: Infovesta, Raiz Invest Indonesia

DISCLAIMER

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Android/IOS

Investasi Sekarang! Download E-book Belajar Investasi Untuk Pemula


Ada Pertanyaan? whatsapp