Apa saja Risiko Reksa Dana? - Raiz Invest

Filosofi Raiz Invest Indonesia adalah untuk berinvestasi secara rutin dan berkala dengan jumlah yang kecil untuk menjaga ketidakpastian yang terkait dengan market. Walaupun demikian, semua investasi memiliki risiko. Strategi investasi yang berbeda juga mempunyai tingkat risiko yang berbeda, dan investasi yang memiliki hasil investasi yang tinggi dalam jangka panjang juga mungkin mempunyai risiko tinggi dalam jangka pendek.

Berikut ini adalah beberapa tipe risiko yang biasa terjadi pada saat melakukan investasi, termasuk investasi melalui reksa dana:

 

  1. Risiko Pasar – perubahan yang terjadi pada pasar finansial, ekonomi, politik, teknologi dan sentimen terhadap pasar bisa memberikan efek perubahan terhadap nilai investasi dan return yang dihasilkan oleh reksa dana. Contoh: apabila Raizers melakukan pencarian di saat kondisi pasar lagi turun, maka nilai investasi akhir yang didapat kemungkinan akan mengalami penurunan dari nilai investasi awal.

 

  1. Risiko Suku Bunga – perubahan yang terjadi akibat perubahan suku bunga acuan (suku bunga Bank Indonesia) bisa memberikan dampak yang secara langsung maupun tidak langsung terhadap nilai investasi dan/atau return yang diperoleh. Contoh: apabila Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuannya, maka penerimaan bunga dari kas akan naik tetapi nilai obligasi dan efek pendapatan tetap lainnya kemungkinan akan mengalami penurunan.

 

  1. Risiko Likuiditas – risiko ini mengacu pada kesulitan Manajer Investasi dalam melakukan pembayaran atas kegiatan pencairan yang dilakukan oleh investornya. Penjualan Kembali (pelunasan) tergantung kepada likuiditas dari portofolio atau kemampuan dari Manajer Investasi untuk membeli kembali (melunasi) dengan menyedian uang tunai.

 

  1. Risiko Wanprestasi Manajer Investasi – risiko ini bisa terjadi pada Manajer Investasi, sebagai pengelola reksa dana, yang tidak melaksanakan kewajiban sebagaimana semestinya.

Semua investasi mengandung risiko, termasuk investasi melalui reksa dana. Akan tetapi, Raiz Invest Indonesia telah memilih Manajer Investasi yang memiliki reputasi baik di Indonesia dan reksa dana konvensional (“plain vanilla”) yang cocok bagi investor pemula maupun investor berpengalaman. Keamanan dan kepercayaan serta pengalamanmu berinvestasi adalah prioritas kami. Kami disini untuk membimbingmu dalam berinvestasi demi mencapat target finansialmu.

Disclaimer

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Android/IOS

Investasi Sekarang! Download E-book Belajar Investasi Untuk Pemula


Ada Pertanyaan? whatsapp