Apa itu Reksa Dana, Manajer Investasi dan Bank Kustodian? - Raiz Invest

Kali ini mari kita bahas apa itu Reksa Dana, Manajer Investasi dan Bank Kustodian

Reksa Dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi. Sesuai dengan Undang-Undang tentang Pasar Modal. Reksa Dana dapat berbentuk:

(i) Perseroan Tertutup atau terbuka; atau

(ii) Kontrak Investasi Kolektif (KIK)

Saat ini semua Reksa Dana yang dipasarkan di Indonesia berbentuk Reksa Dana KIK, di mana KIK merupakan dokumen legal yang ditandatangani oleh Manajer Investasi (MI) dan Bank Kustodian (BK) dan isinya mengatur mengenai Reksa Dana sebagai badan hukum. Uniknya, meskipun ditandatangani oleh MI dan BK, ketentuan yang diatur dalam KIK mengikat para pemegang unit penyertaan Reksa Dana tersebut.

Apa itu Manajer Investasi? Manajer Investasi adalah pihak yang kegiatan usahanya mengelola Potofolio Efek untuk para nasabahnya atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah, kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun dan Bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Bank Kustodian? Bank Kustodian adalah Bank Umum yang telah mendapat persetujuan OJK untuk menyelenggarakan kegiatan usaha sebagai Kustodian, yaitu memberikan jasa penitipan Efek (termasuk Penitipan Kolektif atas Efek yang dimiliki bersama oleh atau lebih dari satu Pihak yang kepentingannya diwakili oleh Kustodian) dan harta lain yang berkaitan dengan Efek serta jasa lain, termasuk menerima deviden, bunga, dan hak-hak lain, menyelesaikan transaksi Efek, dan mewakili pemegang rekening yang menjadi nasabahnya.

Nah sudah jelas kan Reksa Dana, Manajer Investasi dan Bank Kustodian itu Apa?

untuk lebih mempermudah memahami antara Reksa Dana, Efek dan Manajer Investasi berikut untuk ilustrasinya

Gimana Raizer sudah jelaskan sekarang,

 

Share via
Copy link
Powered by Social Snap