Ancaman Kenaikan Inflasi: Saatnya Investasi Reksa Dana - Raiz Invest

Indeks LQ45 naik 1,12% dalam sepekan terakhir. Penguatan pasar saham yang terjadi dalam sepekan terakhir dipicu oleh:

  1. Capital inflow yang masuk ke pasar saham sebesar Rp4 triliun dalam sepekan terakhir;
  2. Mode risk on yang dialami oleh pasar saham global; dan
  3. Perekonomian Tiongkok yang berangsur pulih semenjak diakhirinya lockdown.

Sumber: Bloomberg, Raiz Invest Indonesia

 

Pasar obligasi juga melanjutkan penguatan dengan yield SUN 10 tahun turun 15bps ke level 7,0% pada penutupan perdagangan akhir minggu lalu. Beberapa faktor yang menjadi sentiment positif bagi pasar obligasi:

  1. Nilai tukar Rupiah yang menguat ke level Rp14.000; dan
  2. Capital inflow ke pasar obligasi sebesar Rp5,9 triliun dalam sepekan terakhir.

Sumber: Bloomberg, Raiz Invest Indonesia

 

Pasar saham dan pasar obligasi memang sedang dalam mode risk on. Akan tetapi, ada beberapa sentiment negatif yang dapat mempengaruhi pergerakan pasar saham dan pasar obligasi:

  1. Ancaman Inflasi – BPS mencatatkan inflasi Mei 2022 naik 3,55% yoy (tertinggi sejak Desember 2017) dan inflasi sejak awal tahun 2022 sudah naik 2,56%. Kenaikan inflasi ini bisa menjadi pemicu bagi Bank Indonesia untuk menaikkan suku bunga 7DRRR lebih cepat dari yang diperkirakan
  2. Ancaman Kenaikan Harga Komoditas – harga minyak dunia naik di atas $100/barrel, yaitu $102/barrel. Kenaikan harga minyak bumi ini menunjukkan ketatnya pasokan minyak bumi setelah Uni Eropa mengeluarkan sanksi berupa embargo minyak Rusia hingga 90% sampai dengan akhir tahun.

 

Dengan sentiment negatif di atas, banyak para ekonom dan pelaku pasar modal yang memprediksikan akan terjadinya resesi ekonomi global, termasuk Indonesia. Maka, salah satu langkah awal untuk mengatasi potensi resesi ekonomi ini adalah bagi Raizers untuk menambah saldo investasi pada Reksa Dana. Sehingga, apabila resesi ekonomi memang terjadi, Raizers mempunyai tabungan yang dapat digunakan untuk menambah kebutuhan sehari-hari.

Sumber: Infovesta, Raiz Invest Indonesia

 

DISCLAIMER

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui Reksa Dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui Reksa Dana.

Investasi Sekarang! Download E-book Belajar Investasi Untuk Pemula


Ada Pertanyaan? whatsapp