Ajarkan Anak-Anak Menabung dan Berinvestasi Selama #DiRumahAja - Raiz Invest

Sejak pemerintah Indonesia meminta masyarakat bekerja, belajar dan beribadah di rumah, Anda tentunya bersama terus dengan pasangan dan anak-anak Anda. Dan karena sekolah diliburkan, praktis anak-anak harus belajar di rumah dan sebagai orang tua Anda harus mendampingi mereka belajar dan mengerjakan tugas sekolah.

Selain kegiatan belajar dan bermain bersama, kebersamaan Anda dengan anak-anak bisa Anda manfaatkan untuk mengajarkan literasi keuangan kepada mereka. Nah, selama #DiRumahAja, bagaimana jika Anda mengajarkan anak-anak Anda menabung dan berinvestasi melalui aplikasi Raiz?

Mungkin selama ini anak-anak Anda sudah paham apa itu uang dan jika mereka sudah bersekolah, mungkin mereka juga menerima uang jajan setiap hari atau setiap minggu. Karena sekolah sekarang diliburkan, anak-anak Anda tidak lagi menerima uang jajan dan uang jajan tersebut bisa Anda alokasikan sebagai modal investasi si anak. Karena menabung dan berinvestasi merupakan suatu kebiasaan, ajarkan kepada anak Anda untuk melakukannya sesering mungkin dan secara teratur. Uang jajan yang selama ini diberikan setiap hari atau setiap minggu bisa kemudian diinvestasikan melalui aplikasi Raiz secara rutin sesuai dengan frekuensi Anda memberikan uang jajan kepada anak. Dengan demikian akan terbentuk pola dan frekuensi yang ujungnya akan membentuk kebiasaan.

Berhubung seseorang harus berusia minimal 17 tahun untuk bergabung ke Raiz, sebagai orangtua Anda bisa membuka akun Raiz atas nama Anda, namun akun tersebut digunakan untuk mengelola portofolio investasi si anak. Agar anak Anda terbiasa, lakukan investasi di aplikasi Raiz bersama anak Anda, tunjukkan layer aplikasi dan jika memungkinkan, biarkan anak Anda menjalankan aplikasi di bawah pengawasan Anda. Dengan melibatkan anak dalam penggunaan aplikasi, si anak mendapatkan pengalaman dan wawasan baru mengenai penggunaan teknologi yang bermanfaat untuk masa depannya. Jika anak Anda sudah cukup besar usianya, tidak ada salahnya Anda menjelajahi fitur-fitur yang ada di aplikasi Raiz dan mempelajari kegunaannya masing-masing. Jika ada pertanyaan, langsung kontak Customer Care Raiz melalui telepon, WhatsApp atau email dan libatkan anak Anda jika ia memang sudah cukup besar usianya untuk mengerti. Dengan demikian si anak dapat belajar berkomunikasi juga.

Dalam perjalanannya, pantau perkembangan portofolio investasi di aplikasi Raiz bersama anak Anda. Jika anak Anda menyukai matematika, Anda bahkan bisa bersamanya menghitung imbal hasil atau nilai investasi Anda. Anda juga bisa memperkenalkan Reksa Dana kepada anak Anda, termasuk konsep dan istilah terkait Reksa Dana, seperti Nilai Aktiva Bersih, unit penyertaan, prospectus, dan lain-lain. Perkenalkan pula tujuan investasi kepada anak Anda, dan terangkan bagaimana investasi di Reksa Dana bisa membantunya mewujudkan tujuan investasinya. Tujuan investasi tidak perlu yang muluk-muluk, bisa sesederhana membeli hadiah Natal untuk ayah tercinta, membeli mainan/video games yang selama ini ia impikan, dan sebagainya. Buatlah tujuan investasi yang sederhana namun relevan bagi sang anak, supaya ia bisa memahami konsep investasi dengan mudah.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Ada Pertanyaan? whatsapp
Share via
Copy link
Powered by Social Snap