8 Hal yang Dapat Memperbaiki Hidup Anda - Raiz Invest

Apakah Anda pernah merasa jenuh, tidak bergairah atau terjebak dalam rutinitas sehari-hari? Atau pernahkah Anda merasa ingin mengubah hidup Anda menjadi lebih baik, namun bingung bagaimana harus bersikap? Simak 8 tips di bawah ini agar Anda bisa memperbaiki dan meningkatkan kapasitas diri Anda:

  1. Berhenti mengeluh dan bersyukurlah setiap hari

Mengeluh tidaklah memberikan solusi bagi masalah yang Anda hadapi, melainkan hanya akan membuang waktu dan menguras pikiran Anda. Daripada mengeluh dan membuat suasana hati Anda bertambah buruk, lebih baik ubah pola pikir Anda dengan memfokuskan diri pada hal-hal positif yang Anda alami setiap hari.

Sebagai contoh, suatu hari Anda terlambat tiba di tempat kerja karena kereta api yang biasa Anda tumpangi ternyata mengalami kecelakaan di stasiun sebelumnya dan Anda harus beralih naik taksi untuk pergi ke kantor. Dan karena keterlambatan tersebut, klien Anda menggeser jadwal presentasi bisnis Anda ke hari berikutnya. Jika Anda berfokus pada hal-hal yang negatif, maka Anda mungkin merasa kesal dan mengeluh. Namun di sisi lain, Anda sebenarnya harus bersyukur, karena Anda terhindar dari kecelakaan kereta api, dan penjadwalan ulang presentasi untuk klien memberikan Anda waktu tambahan untuk mempersiapkan diri lebih matang lagi – Anda bisa mengkaji ulang materi presentasi, memastikan bahwa tidak ada salah ketik atau kesalahan data, dan seterusnya. Dengan bersyukur, suasana hati akan menjadi tenang dan Anda bisa berkonsentrasi pada pekerjaan. Dan sudah menjadi hokum alam bahwa energi positif akan menarik energi positif lainnya, sehingga dengan kata lain, jika Anda senantiasa bersyukur, niscaya akan makin banyak lagi berkat dan kelimpahan yang akan Anda dapatkan sehingga akan makin banyak kesempatan bagi Anda untuk bersyukur.

  1. Luangkan waktu untuk kontemplasi diri

Sesibuk apapun Anda, cobalah meluangkan waktu 15-30 menit setiap hari untuk merenung dan melakukan kilas balik atas apa yang Anda alami dan apa yang telah Anda capai pada hari itu. Gunakan momen tersebut untuk berdoa dan bersyukur atas apa yang Anda alami hari itu, sekaligus berpikir bagaimana Anda akan menyongsong hari esok. Selain itu, momen ini juga merupakan kesempatan bagi Anda untuk membangun kembali energi Anda, sama halnya seperti ponsel Anda yang perlu Anda re-charge baterainya.

  1. Tinggalkan mereka yang tidak membawa energi positif bagi hidup Anda

Bertemanlah dengan orang-orang yang mampu menularkan energi positif bagi Anda – mereka yang ceria, bersemangat, pantang menyerah, rajin, ulet dan memiliki pengetahuan serta wawasan yang luas. Mengapa demikian? Karena mereka akan membantu Anda menjadi pribadi yang lebih baik. Selain menambah pengetahuan dan wawasan, sifat-sifat positif teman Anda dapat menjadi panutan yang Anda tiru.

Sebaliknya, jauhi orang-orang yang memiliki karakter buruk, seperti iri hati, pendendam, suka mengeluh, atau pelit. Mengapa demikian? Karena orang-orang seperti ini akan menguras waktu dan energi Anda, alih-alih memperkaya wawasan Anda atau memungkinkan Anda berkembang menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

  1. Matikan TV dan kurangi waktu berinteraksi di media sosial

Sebagian orang mungkin mendapatkan hiburan dengan menonton TV, namun menonton TV terlalu lama lebih banyak mudarat ketimbang manfaatnya. Selain membuang-buang waktu, juga tidak baik untuk kesehatan mata. Belum lagi jika program yang Anda tonton tidaklah mendidik. Karena itu batasi waktu Anda menonton TV, matikan jika batas waktu sudah tercapai.

Sementara untuk media sosial, jangan terlalu banyak berinteraksi di sana karena seperti halnya TV – membuang-buang waktu dan tidak baik untuk kesehatan – media sosial cenderung mendorong persaingan yang tidak sehat, karena makin banyak Anda berinteraksi makin besar Anda akan terekspos pada berita atau foto yang sudah dimanipulasi sedemikian rupa untuk membentuk citra atau opini tertentu (dan sebenarnya tidak demikian adanya di kehidupan nyata).

Menonton TV dan berinteraksi di media sosial boleh-boleh saja, tapi bijaklah memilih program dan kontennya. Jika itu hanya materi yang sensasional, tidak menambah pengetahuan ataupun wawasan, lebih baik dihindari karena hanya akan membuang waktu Anda. Lebih baik waktu Anda dipergunakan untuk kegiatan lain yang lebih bermanfaat, seperti menekuni hobi, beribadah, atau menolong sesame.

  1. Kembangkan keahlian atau ketrampilan tertentu

Daripada membuang waktu menonton TV atau memposting konten yang tidak berguna di media sosial, lebih baik gunakan waktu Anda untuk mengembangkan keahlian atau ketrampilan tertentu. Bisa juga Anda menekuni hobi sebagai sarana relaksasi/melepas stress, bahkan mungkin Anda bisa menjadikan hobi tersebut sebagai sumber penghasilan tambahan.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki hobi memasak atau membuat kue,

  1. Fokus pada tujuan dan jangan pernah menengok ke belakang

Seperti kata Timon di film Lion King, “Hakuna matata”. Hakuna matata adalah ungkapan dalam bahasa Swahili yang secara harafiah berarti tidak perlu kuatir sepanjang sisa hari ini. Ungkapan ini menyiratkan semangat dan pola pikir agar Anda tidak perlu menengok ke masa lalu, namun sebaiknya move on dan berfokus pada masa sekarang dan bagaimana Anda mencapai tujuan di masa depan. Apa yang terjadi di masa lalu tidak dapat diperbaiki lagi, karena kita tidak dapat mengulang kembali waktu. Waktu akan terus berjalan dan yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan waktu yang ada untuk semaksimal mungkin berusaha menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan meraih prestasi sebagus mungkin. Dengan pola pikir dan orientasi masa depan ini, niscaya Anda tidak terbelenggu dengan masa lalu dan Anda bisa mencurahkan energi Anda untuk sekarang dan masa depan.

  1. Berolahraga untuk kebugaran dan memperbaiki mood (suasana hati)

Selain untuk kesehatan dan kebugaran jasmani, olahraga juga bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran rohani. Mengapa demikian? Karena saat Anda berolahraga, hormon endorphin, serotonin dan dopamine akan diproduksi oleh tubuh dan hormon-hormon ini memberikan rasa bahagia dan puas. Hormon serotonin bahkan membuat Anda lebih berenergi dan berpikir lebih jernih.

Jadi gunakan setiap kesempatan untuk menggerakkan tubuh. Misalnya jika Anda masuk ke stasiun MRT, gunakan tangga untuk naik ataupun turun, bukan lift. Jika tempat yang Anda tuju cukup dekat, lebih baik Anda berjalan kaki. Berjalan kaki di pagi hari juga memberikan manfaat tambahan karena pancaran sinar matahari membantu tubuh Anda memproduksi vitamin D yang sangat diperlukan untuk kesehatan.

  1. Jadikan kesalahan sebagai pembelajaran

Setiap manusia tidak luput dari kesalahan, baik disengaja maupun tidak. Untuk itu tidak ada gunanya terjebak dalam kesedihan dan penyesalan mendalam dalam waktu lama. Lebih baik Anda petik hikmah dan pelajaran dari kesalahan tersebut dan bangkit. Dengan belajar dari kesalahan, Anda akan menyadari dan mengerti apa yang harus dilakukan (dan tidak boleh dilakukan) di kemudian hari sehingga kesalahan tersebut tidak terulang lagi.

Tetap semangat ya Raizers! Anda pasti bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari.

Android/IOS

Investasi Sekarang! Download E-book Belajar Investasi Untuk Pemula

Ada Pertanyaan? whatsapp
Share via
Copy link
Powered by Social Snap