7 Investasi Terhadap Diri Sendiri yang Layak dan Penting Dilakukan - Raiz Invest

7 Investasi Terhadap Diri Sendiri yang Layak dan Penting Dilakukan

Investor kawakan Warren Buffett pernah mengatakan bahwa investasi terbaik yang bisa dilakukan oleh setiap orang adalah investasi terhadap dirinya sendiri. Mengapa demikian?

Karena dengan melakukan investasi terhadap diri sendiri, Anda dapat membekali diri Anda untuk masa depan. Dan dengan senantiasa berusaha memperbaiki masa depan, Anda tidak akan perlu khawatir akan keberlangsungan karir dan keamanan finansial Anda.

Berikut adalah 7 bentuk investasi yang dapat Anda lakukan terhadap diri Anda sendiri:

  1. Mengikuti program keterampilan bersertifikasi

Menjadi manusia pembelajar adalah tekad yang perlu Anda tanamkan sedini mungkin, karena pada hakikatnya kita harus belajar sepanjang hidup kita. Bahkan jika Anda mungkin baru saja lulus sekolah, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar Anda menjadi yang terdepan di kalangan teman seangkatan atau sebaya Anda. Memiliki keterampilan tambahan atau bahkan keterampilan khusus yang jarang dimiliki orang lain akan menambah daya jual Anda dalam bursa kerja.

Ada berbagai program pelatihan yang dapat Anda pilih untuk meningkatkan kapasitas diri. Jika Anda seorang akuntan misalnya, Anda mungkin bisa mengambil sertifikasi pajak Brevet A dan B. Jika Anda lulusan jurusan matematika, mungkin Anda bisa mengambil kursus aktuaria sehingga Anda bisa berkarir di perusahaan asuransi atau dana pensiun. Dan jika Anda seorang computer programmer, Anda bisa mempelajari bahasa pemrograman baru sehingga nanti jika banyak software atau aplikasi yang dibuat dengan bahasa tersebut maka Anda dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan dan mendapatkan bayaran yang tinggi.

Program pelatihan yang Anda pilih tidak mutlak harus sesuai dengan bidang profesi Anda. Tidak ada salahnya Anda membangun keahlian/keterampilan di bidang yang berbeda namun Anda sukai, karena bisa saja di kemudian hari keahlian/keterampilan itu bisa membuka jalan bagi Anda untuk alih profesi atau merintis usaha sendiri.

Berkat kemajuan teknologi, kegiatan belajar mengajar saat ini tidak melulu harus dilakukan melalui tatap muka. Saat ini tersedia cukup banyak online learning platform yang menawarkan program MOOC (massive open online course), di mana siapapun dapat mengikuti kuliah secara online dengan mengakses website atau aplikasi lewat Internet, seperti misalnya Coursera, Udemy, dan Khan Academy. Mata kuliah yang ditawarkan sangat beragam dan tak sedikit ditawarkan oleh universitas terkemuka di dunia, bahkan secara gratis (hanya berbayar jika Anda ingin mengikuti ujian dan mendapatkan sertifikat kelulusan).

  1. Bergabung dalam komunitas

Bergabung dengan komunitas atau kelompok yang memiliki minat yang sama dengan Anda dapat membantu Anda memperluas jejaring (network) Anda. Setiap orang baru yang Anda temui akan membawa perspektif unik dan gagasan-gagasan baru yang dapat Anda terapkan untuk pekerjaan Anda. Tentunya setiap pribadi mempunyai keunggulannya masing-masing, sehingga Anda dapat saling bertukar ilmu.

Selain itu, berkumpul dengan mereka yang memiliki pola pikir, bahkan visi-misi yang serupa bisa membawa peluang bagi Anda. Tidak tertutup kemungkinan peluang karir atau bisnis bisa berawal dari pertemanan dalam komunitas.

  1. Membaca buku atau mendengarkan podcast

Membaca adalah kebiasaan yang dapat mengubah hidup Anda, karena dengan membaca, Anda dapat melihat sudut pandang pengarang yang disampaikan dalam tulisannya. Lebih lanjut, dengan membaca Anda akan mendapatkan banyak ilmu baru yang dapat dipraktekkan dalam hidup. Dan dengan membaca Anda dapat belajar tentang pengalaman (atau kesalahan) orang lain sehingga Anda bisa belajar tentang hidup tanpa harus merasakan pengalaman atau melakukan kesalahan itu sendiri.

Banyak pemimpin bisnis yang sukses memiliki kebiasaan membaca, dan rata-rata para mereka membaca 4-5 buku per bulan.1 Para pemimpin yang hebat adalah mereka yang senang sekali menyerap pengetahuan dan keterampilan, serta senantiasa berusaha meningkatkan kompetensi mereka. Dan untuk melakukan itu mereka menjadi pembaca yang produktif. Jadi jika Anda ingin meningkatkan taraf hidup Anda, lebih banyaklah membaca.

Bagi Anda yang kurang suka membaca, kemajuan teknologi saat ini memungkinkan Anda menambah pengetahuan dan wawasan dengan mendengarkan audiobook atau podcast. Media seperti CNN, BBC dan Bloomberg rutin membuat podcast yang dapat Anda unduh dan simak. Anda juga bisa mendengarkan podcast dengan topik sesuai minat atau hobi Anda, misalnya podcast tentang memasak dan membuat kue.

  1. Mengikuti permainan yang mengasah otak

Jika Anda adalah seseorang yang suka bermain game, maka Anda dapat memilih permainan yang cenderung mengasah otak untuk menstimulasi otak Anda.

Terlepas dari fungsinya untuk melepas stres, ternyata permainan juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas. Metode ini dinamakan gamification, yaitu proses menggunakan mekanisme atau aturan yang ada di dalam permainan pada aktivitas atau konteks non-permainan. Gamification bekerja dengan menggunakan elemen-elemen yang ada di dalam permainan, seperti poin, badge, leaderboard, dan achievement. Elemen-elemen inilah yang akan memancing pengguna untuk saling berinteraksi satu sama lain dan bersaing untuk menjadi yang terdepan. Banyak platform online learning yang telah mengimplementasikan gamification untuk membuat suasana belajar mengajar menarik dan interaktif.

  1. Keluar dari zona nyaman Anda

Cobalah untuk mempelajari hal baru yang belum pernah Anda pertimbangkan sebelumnya. Jangan merasa takut untuk terlihat konyol saat Anda menghadapi sesuatu yang membuat Anda tidak nyaman.

Setiap keterampilan bersumber dari pengalaman Anda. Semakin sering Anda melakukan suatu hal, maka semakin ahli atau terampil Anda dalam melakukannya. Jadi, jangan pernah takut untuk mencoba hal baru. Mungkin saja hal baru yang Anda coba akan membuat Anda menjadi lebih sukses di masa depan.

  1. Ukur kemajuan dan pencapaian diri Anda

Jika Anda telah memutuskan untuk menginvestasikan waktu dan uang untuk menguasai keterampilan baru atau mendapatkan keahlian baru, pastikan untuk mengukur tingkat kemajuan Anda. Catat jumlah jam yang Anda habiskan untuk membaca atau jumlah tes yang telah Anda lakukan. Dengan melakukan hal ini, akan membuat Anda dapat melakukan intropeksi diri akan apa yang telah dicapai dan belum tercapai. Lakukan langkah kecil tapi berarti setiap hari untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik.

  1. Buat karya nyata

Setelah Anda mempelajari banyak hal baru, sekarang saatnya untuk mewujudkannya menjadi karya nyata. Jika Anda belajar untuk membuat blog, maka mulailah membuat blog pribadi Anda untuk berbagi pengetahuan, pengalaman atau cerita yang bermanfaat bagi masyarakat, atau minimal lingkungan terdekat Anda. Jika Anda belajar melukis, tidak ada salahnya Anda menciptakan masterpiece Anda dan mungkin Anda dapat menjualnya! Yang terpenting adalah Anda menikmati setiap momen dari kegiatan yang Anda lakukan, karena itu akan tercemin pada hasilnya. Tidak sedikit orang yang mendapatkan ketenangan jiwa dan efek seperti melakukan meditasi saat ia melakukan aktivitas yang disukainya.

Demikian 7 bentuk investasi yang dapat membuat diri Anda menjadi lebih berkualitas. Namun, selain berinvestasi terhadap diri sendiri, tentunya Anda juga harus berinvestasi bagi masa depan keuangan Anda. Selamat berinvestasi, Raizers!

Share via
Copy link
Powered by Social Snap