7 Kebiasaan Orang Sukses yang Patut Anda Tiru - Raiz Invest

  1. Bangun pagi

Banyak tokoh-tokoh sukses dunia memiliki kebiasaan bangun pagi, seperti mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Richard Branson (pendiri dan pemimpin Virgin Group), Jack Dorsey (pendiri Twitter), Ursula Burns (CEP Xerox) dan Tim Cook (CEO Apple).

Yang dimaksud bangun pagi adalah bangun antara pukul 04.30 sampai pukul 06.00. Banyak manfaat yang dapat Anda petik dengan bangun pagi: Anda dapat menghirup udara pagi yang segar, menikmati sinar matahari yang menyehatkan Anda (karena sinar matahari membantu pembentukan vitamin D dalam tubuh). Bangun pagi juga memungkinkan Anda untuk melakukan lebih banyak aktivitas dibandingkan jika Anda bangun lebih siang. Sebuah penelitian pada tahun 2008 yang dilakukan oleh Universitas Texas menemukan bahwa mahasiswa yang sering bangun pagi memiliki nilai yang lebih tinggi pada GPA atau IPK mereka dibandingkan dengan mahasiswa yang suka begadang dan jarang bangun pagi.

  1. Meditasi

Meditasi atau perenungan diri adalah ritual yang baik untuk menenangkan diri dan mengembalikan energi yang sudah terkuras setelah beraktivitas. Meditasi merupakan aktivitas melatih fokus pikiran sehingga dapat memiliki pandangan yang jernih pada kondisi saat ini dan tetap merasa tenang. Pada umumnya meditasi dilakukan dengan duduk tenang dengan mengatur pernpasan perlahan dan menenangkan pikiran selama 15-20 menit. . Kegiatan penenangan diri ini bisa Anda lakukan kapan saja dan di mana saja, tanpa memerlukan peralatan khusus dan biaya.

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan dari meditasi, terutama jika dilakukan secara teratur. Salah satunya yaitu menurunkan tingkat stress Anda. Dengan melakukan meditasi maka suasana batin, perasaan dan pikiran akan menjadi lebih tenang. Selain itu, meditasi juga membantu Anda berfokus dalam pekerjaan. Dengan fokus pada pekerjaan, Anda akan mampu menentukan prioritas dalam pekerjaan (mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu) dan Anda akan mampu menyelesaikan pekerjaan Anda dengan akurat dan tepat waktu.

  1. Membangun jejaring dan relasi

Membina relasi dan menjalin tali silaturahmi sangatlah penting demi kesuksesan di masa depan. Banyak orang beranggapan bahwa untuk mencapai kesuksesan hanya membutuhkan kerja keras serta kepintaran dalam menguasai bidang keahlian. Namun pada kenyataannya, hal tersebut merupakan faktor internal saja, yang mana Anda juga harus membutuhkan faktor eksternal. Salah satunya adalah membangun relasi baik dengan banyak orang. Hal ini memiliki peran penting tidak hanya untuk menunjang kesuksesan, namun banyak aspek dalam kehidupan.

Manfaat membangun jejaring dan relasi

  1. Memudahkan Anda mencapai tujuan

Anda pasti memiliki tujuan atau keinginan yang ingin diraih dalam kehidupan. Dengan memiliki relasi yang baik dengan banyak orang, Anda dapat mewujudkannya lebih mudah. Membangun relasi dengan orang-orang yang tepat dapat membuka jalan dan peluang yang lebih luas menuju target.

  1. Mudah Mendapatkan Bantuan Saat Ada Masalah

Manfaat nyata dari banyaknya relasi yang Anda miliki adalah mudah mendapatkan bantuan saat masalah muncul. Apabila Anda memiliki relasi yang baik dengan banyak orang, maka bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan pinjaman uang saat menghadapi masalah finansial. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan referensi pekerjaan saat mengalami masa pengangguran.

  1. Melancarkan Pekerjaan

Dalam setiap pekerjaan, Anda diharuskan berhubungan dengan banyak orang. Membangun relasi yang baik dengan rekan kerja juga dibutuhkan untuk kelancaran dan kemudahan pekerjaan. Terutama bagi Anda yang diharuskan bekerja dalam sebuah tim, adanya relasi yang baik antara satu sama lain dapat membantu memberikan hasil kerja yang maksimal. Sekalipun Anda terbiasa bekerja individualis, namun tidak bisa bekerja sama baik dengan rekan kerja akan memengaruhi performa Anda di mata atasan.

  1. Membantu Memahami Pribadi Setiap Orang

Memiliki relasi yang luas mampu membuat Anda menjadi lebih toleran terhadap bermacam-macam tipe orang. Tidak ada manusia yang sempurna, sehingga Anda pasti dihadapkan dengan berbagai kekurangan dalam setiap orang. Semakin banyak Anda memiliki relasi, maka semakin Anda bisa menghadapi berbagai macam sifat orang. Hal ini juga membantu Anda berpikiran lebih terbuka dalam menerima setiap kekurangan yang dimiliki oleh orang-orang.

Relasi yang Anda bangun dapat membantu Anda dalam mencapai tujuan maupun membantu pengembangan diri. Yang perlu diingat, Anda juga harus menolong relasi Anda yang mengalami hambatan maupun kesulitan dalam hidup. Hal ini ditujukan agar Anda tidak terlihat hanya ingin memanfaatkan hubungan untuk kepentingan diri semata. Hubungan yang baik dibangun berdasarkan adanya apresiasi dan pengertian satu sama lain. Dengan begitu, Anda bersama relasi dapat memiliki hubungan yang saling menguntungkan hingga masa yang akan datang.

  1. Senantiasa mencari kesibukan

Orang sukses identik dengan jadwal yang padat setiap harinya. Namun orang-orang yang sukses selalu berusaha mengisi waktunya dengan kegiatan yang bermanfaat, baik untuk dirinya sendiri, orang-orang sekitarnya, maupun masyarakat pada umumnya. Dengan demikian, ia akan selalu berkontribusi bagi masyarakat dan karena itulah kesuksesan akan ia raih.

  1. Tidak menonton televisi

Banyak orang sukses yang hampir tidak pernah menonton tayangan televisi. Jika mereka memiliki waktu luang, mereka lebih memilih membaca buku atau berdiskusi dengan teman yang dapat menambah pengetahuan dan wawasan. Meski tidak ada salahnya menonton televisi sebagai hiburan atau sarana pelepas stress, namun sebaiknya Anda membatasi diri Anda dalam menonton televisi sehingga Anda tidak menghabiskan terlalu lama waktu Anda di depan televisi. Selain merusak mata, banyak tayangan televisi yang membuat Anda kecanduan namun tidak mendidik. Kalaupun Anda ingin menonton, lebih baik menonton siaran berita daripada sinetron, karena siaran berita membantu Anda untuk senantiasa mengikuti perkembangan situasi global terkini.

  1. Memiliki to-do-list yang jelas

Orang yang sukses umumnya memiliki agenda dan daftar tugas (to-do-list) untuk membantu mereka mengingat dan memantau apa saja yang harus mereka kerjakan. Tidak sedikit dari mereka yang memeriksa to-do-list mereka pada malam hari sebelum tidur atau pagi hari sebelum berangkat kerja sehingga mereka bisa menyusun prioritas kerja.

  1. Cerdas mengelola keuangan

Kesuksesan seseorang tidaklah bisa bertahan jika ia tidak mampu mengelola keuangannya. Mengapa demikian? Karena sukses dalam pekerjaan membutuhkan keahlian mengelola waktu dan sumber daya, sementara kecerdasan dalam mengelola keuangan membantu Anda mempertahankan gaya hidup Anda, sehingga Anda tidak harus sengsara di masa tua, misalnya.

Berikut adalah prinsip dasar pengelolaan keuangan:

  1. Lakukan pencatatan atau pantau seberapa besar pengeluaranmu. Jangan sampai pengeluaran lebih besar daripada pendapatan setiap bulannya.
  1. Susunlah anggaran baik untuk pengeluaran dan pendapatan sehingga Anda memiliki disiplin dalam mengeluarkan uang. Pikirkan dengan bijak besaran rupiah yang dikeluarkan buat pengeluaran.
  1. Saat memiliki penghasilan alias pendapatan, maka perlu juga nih memikirkan pengeluaran. Maka dari itu coba deh punya prioritas dalam melakukan pengeluaran. Setiap bulannya pasti Anda memiliki pengeluaran wajib yang mesti dilakukan.
  1. Pangkas biaya-biayanya yang sebenarnya tidak diperlukan.
  1. Aktif menabung dan berinvestasi. Sisihkan dana secara rutin buat menabung dan berinvestasi agar kelak dapat dinikmati di masa mendatang.
  1. Belajar terus dan evaluasi; jangan pernah puas dengan apa yang sudah diraih saat ini.

Bagaimana Raizers? Selamat mencoba dan jangan lupa berinvestasi melalui aplikasi Raiz ya.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap