5 Tanda Financial Independent untuk Kamu Capai di Usia Muda (Tips dari Ternak Uang) - Raiz Invest

Untuk mencapai status financial independent di usia muda, maka kamu harus mempersiapkan diri dengan baik. Faktanya kondisi mandiri finansial ini memang menjadi salah satu milestone penting dalam hidup kita, dan sudah seharusnya menjadi salah satu dari tujuan keuangan kamu.

Saat kamu mencapai kondisi financial independent, maka itu artinya kamu sudah dapat memenuhi kebutuhan sendiri, baik untuk saat ini dan juga untuk masa depan nanti, dengan penghasilan yang kamu miliki. Bahkan, bisa jadi, kamu pun dapat ikut membantu orang lain agar mereka ikut berdaya secara keuangan. Misalnya, membantu orang tua kamu, atau saudara-saudara kamu yang lain, selain memenuhi kebutuhan hidup keluarga sendiri.

Lalu, seperti apa sih sebenarnya kondisi financial independent itu? Apakah hanya sekadar punya penghasilan sendiri? Ternyata tidak. Ada beberapa tanda yang bisa kita rasakan kalau kita sudah mencapai status financial independent ini. Apa saja? Yuk, kita lihat.

Tanda Financial Independent

1. Pemasukan lebih besar daripada pengeluaran

Kondisi financial independent tidak akan tercapai jika pemasukan kamu lebih kecil dibanding pengeluaran, sehingga muncul situasi besar pasak daripada tiang. Kalau ini yang terjadi, bagaimana kamu bisa memenuhi kebutuhan di masa depan, jika kebutuhan saat ini pun masih belum bisa dipenuhi?

Karena itu, adalah penting bagi kamu untuk dapat mengelola keuangan dengan baik agar arus kas menjadi positif. Ada dua hal yang bisa dilakukan: mengurangi pengeluaran dan/atau menambah penghasilan.

Untuk mengurangi pengeluaran, kamu bisa mereview lagi catatan pengeluaran kamu dan melihat mana pos yang bisa dihemat. Sedangkan untuk meningkatkan penghasilan, kamu bisa mencoba mencari penghasilan tambahan dari pekerjaan freelancing atau bisnis kecil-kecilan dengan menjual produk secara online.

2. Bisa melunasi utang

Utang itu beban, pernyataan ini ada benarnya juga. Karena begitu kita meminjam dana untuk keperluan apa pun, maka saat itu pula langsung muncul kewajiban untuk mengembalikannya sesuai kesepakatan. Utang tak dilarang, tetapi tentu harus dikelola dengan bijak.

Kamu dapat dibilang mampu mencapai kondisi financial independent, jika kamu bisa membayar utang sampai lunas. Saat kamu tak mengalami kesulitan untuk melunasi utang tersebut, maka itu artinya kamu sudah mandiri secara finansial.

Karena itu, sebelum berutang, pastikan bahwa kamu punya tujuan penting untuk dicapai dengan utang, dan buat skema realistis untuk membayar cicilannya. Hindari utang karena tidak punya uang, tetapi pinjamlah dana karena kamu mampu membayarnya.

3. Bisa menabung dan investasi

Menabung dan investasi adalah satu aktivitas penting yang seharusnya dapat kamu lakukan jika ingin mencapai status financial independent. Pasalnya, menabung dan investasi ini artinya kamu sudah memikirkan berbagai kebutuhan hingga jauh ke depan.

Rasio ideal menabung dan investasi adalah minimal 10% dari penghasilan rutin setiap bulannya. Jika kamu bahkan bisa melebihi rasio ini, itu artinya kondisi keuangan kamu sangatlah baik. Dengan punya tabungan dan investasi, maka kamu bisa memastikan dan menjamin diri sendiri untuk tetap bisa dalam kondisi financial independent kini maupun nanti.

4. Bisa membuat berbagai tujuan keuangan

Berbagai macam tujuan keuangan bisa kamu miliki, misalnya saja mencapai nominal dana darurat yang ideal, investasi untuk menikah, dana ibadah haji, beli rumah, sampai dengan dana pensiun.

Hal ini bisa saja dengan mudah kamu susun rencana keuangannya. Apalagi kamu juga sudah punya kebiasaan baik menabung dan investasi, seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya di atas. Tak hanya itu, kamu juga bisa memilahnya menjadi beberapa tujuan berdasarkan jangka waktu; jangka waktu pendek, menengah, dan panjang, sehingga lebih mudah dalam menyusun prioritas.

Tujuan keuangan ini akan membuatmu termotivasi untuk disiplin dan bekerja keras untuk mencapai dan mempertahankan status financial independent tersebut.

5. Mampu membeli aset

Mencapai financial independent artinya juga kamu memiliki nilai kekayaan bersih yang lebih besar daripada kewajiban. Dalam kekayaan bersih ini, termasuk adalah aset yang mampu kamu beli dengan penghasilan sendiri, dengan cara pembayaran apa pun—cash ataupun kredit.

Aset-aset di sini bisa berupa mobil atau sepeda motor yang kemudian kamu sewakan untuk transportasi online, rumah yang dapat dikontrakkan, laptop yang dipakai untuk freelancing, dan sebagainya. Aset-aset yang demikian akan memberimu passive income yang cukup untuk menjaga statusmu agar tetap financial independent.

Nah, bagaimana? Apakah kamu sudah mencapai beberapa tanda financial independent di atas? Untuk mencapainya, pastinya dibutuhkan kerja keras dan cerdas, karena kondisi-kondisi tersebut bukanlah kondisi yang bisa dicapai dalam semalam. 

Apabila kamu tertarik untuk bisa mencapai financial independent dan membutuhkan informasi lain mengenai dunia investasi, silakan bergabung dengan academy Ternak Uang. Sebagai platform digital yang bergerak di bidang finansial, Ternak Uang menyediakan ribuan konten untuk belajar keuangan dan investasi dengan berbagai instrumen.

Yuk, gabung jadi member Ternak Uang! Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, mulai dari akses video modul-modul pembelajaran, ikutan berbagai event, dan masih banyak lagi! Segera daftarkan dirimu, dan mulai langkah pertama untuk sukses menjadi investor!

 

Investasi Sekarang! Download E-book Belajar Investasi Untuk Pemula


Ada Pertanyaan? whatsapp