Invest the spare change

Bring to the table win-win survival strategies to ensure proactive domination. At the end of the day, going forward, a new normal that has evolved from generation.

Image Name

Pada umumnya, kita harus menyisihkan sebagian dari penghasilan kita untuk keperluan dana darurat. Kenapa? Karena di dalam hidup ini tidak menentu apa yang akan datang di masa depan dan alangkah baiknya kita selalu siap apabila badai menghadang. 

Dana darurat yang disiapkan baiknya adalah setara 3-6 bulan dari jumlah pengeluaran kita. Rumusnya sebagai berikut: 3 x 50% pengeluaran x gaji.

Contoh: Apabila gaji kamu sebesar Rp2.000.000 (dua juta) dengan alokasi pengeluaran sebesar 50% dari gaji (50% x Rp2.000.000.000 = Rp1.000.000), maka dana darurat yang kamu harus punya sebesar Rp3.000.000 (3 x Rp1.000.000).

Sepertinya memang berat apabila harus menyiapkan dana darurat setara dengan 3-6 bulan pengeluaran di awal. Tetapi, ada cara yang menunjang untuk kamu melakukannya. Dalam menyiapkan dana darurat, melalui berinvestasi bisa menjadi opsi yang baik terutama berinvestasi di Reksa Dana Pasar Uang.

Mari kita lihat simulasi dengan investasi awal Rp100.000 dan rutin menabung Rp100.000 tiap bulannya melalui Reksa Dana Pasar Uang (dengan asumsi return Reksa Dana Pasar Uang 4,5% p.a.):

Image Name

Kita bandingkan juga dengan menabung di Bank meggunakan skema yang sama (investasi awal Rp500.000 dan setiap bulannya menambah Rp100.000):

Image Name

Apabila kita ihat dari simulasi di atas, dana darurat terlihat lebih tepat untuk ditaruh pada Reksa Dana Pasar Uang. Mungkin para Raizers berpikir bahwa dana darurat yang ditaruh pada Reksa Dana Pasar Uang tidak dapat dicairkan sewaktu-waktu. Nah, kita sampaikan beberapa keuntungan Reksa Dana Pasar Uang yang ada di aplikasi Raiz:

  1. Aman. Raiz sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  2. Investasi dapat dicairkan sewaktu-waktu. Baca disini blog tentang “Pencairan Dana dan Retur” 
  3. Investasi mulai dari Rp 10.000.
  4. Dengan biaya transfer rendah, kamu tinggal memilih metode pembayaran yang paling cocok. Bisa menggunakan Go-Pay, ShopeePay, M-BCA, dan aplikasi lainnya dengan kode QRIS!
  5. Mendapatkan bunga sejak pertama kali investasi.
  6. Kinerja investasi dapat langsung dipantau di aplikasi.

Jadi, jangan takut untuk menaruh dana darurat kamu di Reksa Dana Pasar Uang yang ada di aplikasi Raiz.

Gurun pasir gersang. Kan kulewati. 

Walau badai menghadang. Dana darurat sudah kusiapkan sejak dini. 

Image Name

Disclaimer

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Pasar saham dalam seminggu terakhir kembali mengalami tekanan jual. IHSG ditutup melemah 1,12% dan LQ juga ditutup melemah 1,45% dalam seminggu terakhir. Tekanan jual yang dialam oleh pasar saham selama bulan April dikarenakan dana investor asing yang keluar dari pasar saham sebesar Rp 3,5 triliun di bulan April.

Kendati demikian, ada beberapa sentiment positif bagi pasar saham:

  1. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 1Q-2021, walaupun masih mengalami kontraksi 0,74% yoy, berada pada trajectory recovery. Pertumbuhan ekonomi pada 1Q-2021 yang membaik dibandingkan pada 4Q-2020 masih ditopang oleh belanja pemerintah yang tumbuh 2,96% yoy dan kinerja ekspor naik 15,88% yoy. Akan tetapi, konsumsi masih mengalami penurunan 1,24% yoy yang masih menjadi penopang terbesar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.
  2. FX Reserve pada bulan April kembali mecetak rekor tertinggi sebesar USD138.8 miliar. Kita melihat FX Reserve akan tetap tinggi sampai dengan 1H21 seiring dengan surplus neraca perdagangan dengan harga komoditas yang masih naik.

Sumber: Bloomberg, Raiz Invest Indonesia

Di sisi lain, pasar obligasi pada sepekan terakhir ditutup sedikit menguat dengan yield turun sebesar 5bps. Penurunan yield obligasi yang terjadi dalam sepekan terakhir disebabkan oleh arus dana asing yang masuk ke pasar obligasi sebesar Rp 12 triliun di bulan April setelah 2 bulan sebelumnya mengalami outflow. Ditambah, nilai tukar Rupiah yang menguat hingga Rp 14,100 dalam sepekan terakhir juga menjadi sentiment positif bagi pasar obligasi.

Sumber: DJPPR, Raiz Invest Indonesia

Dari global, data job creation bulan April hanya 226,000 dibandingkan bulan Maret 770,000. Presiden Joe Biden ingin Kongres untuk segera meloloskan proposal paket ekonomi yang terdiri dari belanja infrastruktur sebesar USD2,3 triliun dan belanja social safety net sebesar USD1,8 triliun untuk 10 tahun ke depan yang akan dibayai oleh kenaikan pajak perusahaan dan pribadi, khususnya untuk individual yang mempunyai kekayaan lebih. Presiden Biden melihat dengan diloloskannya proposa tersebut, tingkat pengangguran dapat berkurang dan job creation dapat kembali ke level sebelum pademi COVID-19.

Sumber: Bloomberg, Raiz Invest Indonesia

Untuk pajak korporas, Presiden Biden merencanakan untuk menaikkan dari 21% menjadi 28%, walaupun tidak setinggi pada waktu jaman Presiden Obama yang sebesar 35%.

Kita memperkirakan neraca perdagangan bulan April masih akan mencetak surplus seiring dengan harga komoditas yang naik dan permintaan global yang masih tinggi. Nilai tukar Rupiah yang terus menguat dapat menjadi sentiment positif bagi pasar obligasi.

PRODUK PERFORMA 1 MINGGU PERFORMA (30 DECEMBER 2020 – 7 MEI 2021)
IHSG -1,12% -0,85%
LQ45 -1,45% -5,79%
Yield SUN 10 tahun -5bps 52bps
PASAR UANG
Avrist Likuid Fund 0,06% 1,44%
Manulife Dana Kas Syariah 0,15% -0,62%
PENDAPATAN TETAP
Avrist Bond Fund 0,28% -0,89%
Manulife Syariah Sukuk Indonesia 0,08% -0,76%
SAHAM    
Avrist Indeks LQ45 -1,29% -5,09%

Sumber: Infovesta, Raiz Invest Indonesia

Disclaimer

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Terima kasih, kamu telah daftar untuk Serial Edukasi Raz. Besok pagi, kamu akan mendapatkan konten pertama di inbox email terdaftar di Raiz.

Pojok Raiz sudah mendekati umur 5 bulan sejak terbentuknya di awal tahun. Kami bermulai dengan kurang dari 1.000 Raizers yang bergabung dan sekarang ada hampir 8.000 Raizers telah bergabung di Pojok Raiz.Ada Bang Razi, dia dikenal sebagai teman Raizers di Pojok Raiz yang selalu berbagi ilmu dan hadiah giveaway kepada semua Raizers di Pojok Raiz. Dia yang selalu membantu Raizers pemula dengan jawaban kepada semua pertanyaan mengenai transaksi dan investasi di Raiz.

Pojok Raiz tidak hanya tempat untuk saling berdiskusi dengan Raizers yang lain, tapi Pojok Raiz telah ada berapa event dan promosi khusus untuk semua members di grup Pojok Raiz.

Dibawah adalah hal-hal yang seru di Pojok Raiz:

Raiz Talkz:

Diskusi antara Raizers:

Info Terkini Tentang Update Aplikasi dan Fitur:

Promo Khusus Pojok Raiz:

Curhat Raizers:

Seru kann? Yuk langsung saja ikut Pojok Raiz (https://t.me/pojokraiz) di Telegram dan ikutan keseruan dan bertemu dengan ribuan Raizers yang lain!

Raiz mendengarkan keluhan dan masukkan kamu Raizer!  Kami berterima kasih kepada Raizer yang selalu mendukung dan memberi kami kesempatan untuk terus berkembang sebagai aplikasi. Misi Raiz adalah untuk menjadi solusi bagi kamu dalam mengelola keuangan kamu.

Aplikasi Raiz telah berkembang dimana sekarang kamu bisa melihat perjalanan transaksi kamu di aplikasi Raiz pada halaman “History”. Kamu dapat memantau transaksi pembelian dan penjualan kamu dengan meng-klik transaksi yang masih dalam proses.

Jejak Transaksi Pembelian:

Perkembangan ini Raiz buat demi kenyamanan Raizer berinvestasi dan untuk menunjukan bahwa kepercayaan dan keamaan kamu merupakan prioritas bagi kami!

Teman-teman Raizers apakah mengetahui ada berapa jenis reksa dana konvensional di Indonesia? Apakah Raizers juga mengetahui bahwa reksa dana pasar uang termasuk salah satu reksa dana konvensional?

Reksa dana konvensional di Indonesia ada 4 (empat) jenis: Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Campuran, dan Reksa Dana Saham.

Pada kali ini, kita ingin membahas Reksa Dana Pasar Uang.

Reksa Dana Pasar Uang adalah reksa dana yang mempunyai kebijakan 100% pada deposito dan/atau instrumen pasar uang. Berikut adalah penjelasan terkait deposito dan instrumen pasar uang:

  1. Deposito: salah satu produk perbankan dimana nasabah menabung dalam periode tertentu dan mendapatkan bunga yang dibayarkan sesuai dengan periode deposito yang dipilih.
  2. Instrumen pasar uang: surat berharga yang mempunyai periode jauh tempo kurang dari 1 tahun.

Bagaimana profil risiko nasabah bagi yang ingin membeli produk reksa dana pasar uang? Profil risiko bagi pemegang reksa dana pasar uang adalah para nasabah yang mempunyai profil risiko sangat konservatif dimana jangka waktu investasi kurang dari 1 tahun. Nasabah tersebut tidak ingin rugi dan menerima ekspektasi hasil investasi antara 4% – 5% per tahun.

Mari kita lihat grafik kinerja reksa dana pasar uang yang ada pada aplikasi Raiz, yaitu Reksa Dana Avrist Liquid Fund:

Kinerja Reksadana (%)
1 Bln 3 Bln 6 Bln YTD 1 Thn 3 Thn 5 Thn SP*
Avrist Liquid Fund 0.39% 0.12% 2.32% 1.12% 5.28% n/a n/a 12.00%
Tolak Ukur 0.29% 0.85% 1.8% 0.85% 3.96% n/a n/a 9.34%
*SP : Sejak Peluncuran

Mungkin teman-teman bertanya kenapa kinerja reksa dana pasar uang, secara garis besar, bisa di atas tolok ukur atau deposito di bank? Ada beberapa faktor:

  1. Reksa dana pasar uang memiliki deposito dari beberapa bank yang dapat memberikan bunga di atas bunga deposito apabila menaruh deposito di satu bank saja;
  2. Instrumen pasar uang (mayoritas merupakan obligasi korporasi yang jatuh tempo kurang dari 1 tahun) memiliki kupon di atas bunga deposito untuk

Bagi Raizers yang ingin menyimpan dana daruratnya, apakah masih mau menyimpan di tabungan atau deposito saja? Akan lebih apabila menabung uang daruratnya secara berkala di reksa dana pasar uang sehingga dapat memberikan imbal hasil yang lebih baik apabila dibandinkgkan dengan hanya menabung di bank.

Jangan lupa besok kami akan ada tamu spesial dari AVRIST untuk berdiskusi bareng tentang Reksa Dana Pasar Uang di Raiz Talkz besok jam 5:00 – 5:30. Bang Razi nunggu yaa kehadiran Raizers semua di grup Telegram resmi Pojok Raiz.

Disclaimer

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Kami sangat bangga dengan melihat perkembangan teman-teman Raizer yang semakin giat dalam melakukan investasi.

Raizers pasti sudah biasa dengan berinvestasi minimal sebulan sekali, nah sekarang Raiz ingin kamu meningkatkan pola investasi itu menjadi investasi mingguan.

Kini Raiz telah mengembangkan sistem Auto-Debit Investasi dimana yang tadinya kamu bisa sebulan sekali otomatis berinvestasi, kini kamu sudah bisa melakukan investasi seminggu sekali secara otomatis melalui metode pembayaran DANA. Kami percaya konsistensi dalam menabung adalah kunci untuk mendapatkan kestabilan finansial di masa depan.

Pernah tidak kamu berpikir, berapa uang yang bisa kamu dapatkan dengan kamu menyisihkan Rp20.000 seminggu sekali untuk diinvestasikan?

Kamu pasti punya keluaran mingguan yang tidak akan berubah setiap minggu. Misalnya, beli kopi setiap minggu. Berapa kali kamu membeli kopi dalam seminggu untuk meningkatkan fokus? Atau kamu beli untuk menemanimu saat kamu beraktifitas? Bayangkan apabila uang kopi mingguan itu sebagiannya kamu investasikan sekali seminggu dalam setahun!

Berapa uang yang dapat kamu tabung apabila kamu menyisihkan sebagian uang kopi mingguan tersebut untuk diinvestasikan ke aplikasi Raiz kamu? Lihat simulasi di bawah ini;

Harga 1 kopi
Rp20.000 x 52 Minggu = Rp1.040.000

Selain memiliki tabungan seebsar Rp1 juta lebih, kamu dapat melihat saldo senilai Rp1.040.000 tersebut terus berkembang tergantung pada Portofolio Investasi yang kamu pilih di akun Raiz kamu.

Fitur Investasi Berkala pada aplikasi Raiz akan membantu kamu untuk berinvestasi dari bulanan dan mingguan secara otomatis. Sehingga kamu dapat rutin berinvestasi tanpa perlu merubah gaya hidupmu! Ini adalah cara kamu bisa aktifkan Investasi Berkala Mingguan melalui DANA:

Fitur ini memang ada untuk mendukung Raizer dalam berinvestasi. Kami percaya menjadikan investasi bagian dari kebiasaan sehari-hari kamu adalah kunci untuk kamu mendapatkan kondisi finansial yang sehat dan stabil.

Untuk langsung menyalakan fitur Investasi Berkala Mingguan, kamu bisa klik “Investasi Berkala” di aplikasi Raiz. Dapatkan Bonus Investasi Rp10.000 kalau kamu berhasil menyalakan fitur ini untuk pertama kalinya.

Pasar saham dalam seminggu terakhir kembali mengalami tekanan jual. IHSG ditutup melemah 0,35% dan LQ juga ditutup melemah 1,00% dalam seminggu terakhir. Kami melihat pelemahan pasar saham dalam satu minggu terakhir disebabkan oleh investor yang menunggu hasil kinerja emiten di 1Q-2021 yang kita harapkan lebih baik dibandingkan tahun lalu dalam periode yang sama. Kami melihat tren pelemahan pasar saham masih akan berlanjut dalam minggu ini dikarenakan:

  1. Kerumunan orang dalam jumlah besar yang terjadi pada akhir minggu kemarin sehingga menimbulkan kekhawatiran akan peningkatan kasus COVID-19;
  2. Jumlah investor pasar saham yang lebih kecil dibandingkan investor crypto yang mencapai 4,2 juta investor. Kita melihat fenomena ini akan masih berlanjut seiring dengan meningkatnya digitalisasi dan minimnya sentiment domestik yang dapat meningkatkan kinerja pasar saham.

Walaupun demikian, ada beberapa berita positif yang dapat menjadi katalis bagi pasar saham:

  1. Indeks manufaktur PMI Indonesia di bulan April kembali meningkat signifikan ke level 54,6 dari 53,2 pada bulan Maret. Kenaikan ini menandakan kegiatan manufaktur Indonesia yang berangsur membaik sehingga menjadi berita positif bagi perekonomian Indonesia;
  2. Inflasi yang keluar hari ini diperkirakan akan masih rendah dari target Bank Indonesia walaupun meningkat sedikit karena seasonality menjelang Hari Raya Idul Fitri;
  3. Menteri Keuangan Sri Mulyani menetapkan defisit APBN tahun 2022 akan berada pada 4,51% – 4,85%. Kita melihat ini positif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia dimana Pemerintah masih berkomitmen untuk memberikan stimulus demi meningkatkan konsumsi dan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Sumber: Bloomberg, Raiz Invest Indonesia

Di sisi lain, pasar obligasi pada sepekan terakhir ditutup sedikit melemah dengan yield naik sebesar 3bps. Kenaikan yield obligasi Indonesia disebabkan oleh data pertumbuhan ekonomi Amerika yang kuat pada 1Q-2021. Dari domestik, investor asing kembali masuk ke pasar obligasi Indonesia dalam seminggu terakhir dengan total inflow sebesar Rp 7,68 triliun MTD. Kita melihat pasar obligasi masih memiliki upside yang baik dengan yield US Treasury yang stabil dan DXY yang juga turun sehingga memberikan sentiment positif bagi obligasi negara berkembang, termasuk Indonesia.

Sumber: DJPPR, Raiz Invest Indonesia

Dari global, data GDP Amerika pada 1Q-2021 yang tumbuh 6,4% qoq atau 0,4% yoy. Pertumbuhan ekonomi Amerika yang kuat pada kuartal pertama ini disebabkan oleh kenaikan konsumsi yang tumbuh signifikan sebesar 1,6% yoy pada 1Q-2021 dibandingkan kontraksi konsumsi sebesar 2,7% yoy yang terjadi pada 4Q-2020. Kenaikan konsumsi ini didorong oleh stimulus fiskal yang besar, program vaksinasi yang cepat (29,5% dari total populasi) dan kebijakan lockdown yang lebih terelaksasi.

Bank Sentral Amerika juga akan tetap mempertahankan suku bunga acuannya pada level yang rendah dan tetap mempertahankan pembelian obligasi sebesar USD120 miliar setiap bulannya meskipun ada potensi kenaikan inflasi dikarenakan job market yang masih rendah dibandingkan sebelum pandemic COVID-19.

Investor domestik menunggu data GDP Indonesia yang akan keluar dalam bulan ini. Konsensus memperkirakan perekonomian Indonesia di 1Q-2021 masih akan mengalami kontraksi walaupun mengecil dibandingkan 4Q-2020 yang mengalami kontraksi 2,19% yoy. Konsensus memperkirakan GDP Indonesia pada 1Q-2021 kontraksi 0,84% yoy.

PRODUK PERFORMA 1 MINGGU PERFORMA (30 DECEMBER 2020 – 30 APRIL 2021)
IHSG -0,35% 0,28%
LQ45 -1,00% -4,40%
Yield SUN 10 tahun 3bps 58bps
PASAR UANG
Avrist Likuid Fund 0,06% 1,38%
Manulife Dana Kas Syariah 0,06% 1,00%
PENDAPATAN TETAP
Avrist Bond Fund 0,03% -1,17%
Manulife Syariah Sukuk Indonesia 0,08% -0,76%
SAHAM    
Avrist Indeks LQ45 -0,99% -3,84%

Sumber: Infovesta, Raiz Invest Indonesia

Disclaimer

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Image Name

Siapa sih, yang tidak suka bonus #AjakTemanmu?

Waktu Lebaran sebentar lagi tiba, kamu pasti sudah tidak sabar berkumpul dengan keluarga dekat. Raiz ingin membantu menambah THR kamu nihh!

Dari tanggal 3 Mei sampai 17 Mei 2021 reward #AjakTemanmu dari Rp20.000 jadi Rp30.000 .

Tambahan reward ini adalah untuk menambahkan THR kamu. Dalam periode tersebut, kamu akan mendapatkan Rp30.000 (Dulu hanya Rp20.000) untuk setiap kali kamu berhasil mengajak teman untuk daftar menggunakan kode referal kamu dan berinvestasi minimal Rp50.000.

Syarat dan Ketentuan:

  1. Memiliki akun Raiz.
  2. Memberi kode referal kepada teman atau keluarga untuk download dan daftar di Raiz (3 Mei – 13 Mei 2021)
  3. Referal kamu harus berinvestasi minimal Rp50.000 dan kamu harus memiliki saldo minimal Rp50.000 (3 Mei – 13 Mei 2021)
  4. Reward akan masuk secara automatis dalam 5-7 hari kerja

Ayo ajak teman dan keluarga kamu sebanyak-banyaknya dan menangkan bonus investasi serta lihat saldo kamu berkembang!

Dengan Raiz, menabung dan investasi jadi sederhana dan terjangkau.

Untuk yang belum tahu, di Raiz kami sudah memudahkan para investor baru untuk mulai berinvestasi. Raiz merupakan aplikasi investasi, namun yang membedakan kami adalah, kami bukanlah marketplace. Fokus kami bukanlah pada penjualan produk Reksa Dana, melainkan kami sebagai aplikasi ingin memberikan pengalaman yang sederhana dan terjangkau bagi para investor pemula untuk berinvestasi di Reksa Dana. Sehingga, di Raiz sudah telah kami sediakan berbagai jenis portofolio (profil resiko) untuk dipilih para investor agar dapat menentukan tujuan mereka dalam berinvestasi.

Di Raiz terdapat dua tipe portofolio, Konvensional dan Syariah.

Berikut adalah jenis portofolio Syariah yang ada di Raiz: 

Dalam pengertian bahasa Arab (azziyadah), riba berarti tambahan. Makna tambahan dalam riba adalah tambahan yang berasal dari usaha haram yang merugikan salah satu pihak dalam suatu transaksi.

Nah pertanyaannya disini adalah, apakah Investasi Reksa Dana Syariah merupakan Riba?

Contoh Riba yang lazim ditemukan dalam masyarakat adalah praktik meminjam ke rentenir, misalkan meminjam ke rentenir sebesar Rp5.000.000 lalu diharuskan mengembalikan sebesar Rp7.000.000.
Secara logika ada penambahan Rp2.000.000 sekalipun untuk mengkompensasi risiko yang diterima, nilai penambahan tersebut tidak dapat dinalar dan sangat berpotensi merugikan pihak peminjam.

Reksa Dana Syariah adalah wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola Manajer Investasi, untuk kemudian diinvestasikan ke dalam surat berharga seperti : saham dan obligasi yang sesuai dengan ketentuan dan prinsip syariah Islam.

Contoh Reksa Dana Syariah adalah berinvestasi ke perusahaan yang sesuai dengan prinsip syariah, misalkan berinvestasi sebesar Rp 5.000.000 lalu setelah beberapa tahun mengalami kenaikan hingga Rp6.000.000.
Nilai penambahan dari investasi Reksa Dana merupakan hasil dari produktivitas suatu aset yang akhirnya meningkatkan nilai investasi.

Berikut 4 faktanya:
1. Produk Reksa Dana Syariah dijamin kesyariahannya oleh DPS;
2. Reksa Dana Syariah dikelola oleh unit khusus;
3. Reksa Dana Syariah dikelola oleh manajer investasi syariah;dan
4. Reksa Dana Syariah memiliki rata-rata pertumbuhan market cap paling tinggi

Saat ini pasar modal Syariah sudah semakin berkembang dan berbagai produk investasi syariah sudah banyak tersedia sebagai pilihan, termasuk Reksa Dana syariah.

Sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia praktis memiliki potensi pangsa pasar modal syariah terbesar di dunia. Namun di sisi lain, rasio nilai kapitalisasi pasar terhadap PDB (Pertumbuhan Domestik Bruto) Indonesia masih berada di bawah 50%. Kondisi ini menunjukkan bahwa potensi pengembangan pasar modal, termasuk pasar modal syariah, dan di Indonesia masih sangat besar.

Di Raiz mempunyai 2 Portofolio Reksa Dana Syariah – 1 berbasis pasar uang dan 1 lagi berbasis pendapatan tetap/obligasi yang dikelola oleh salah satu Manajer Investasi Reksa Dana Syariah terkemuka di Indonesia dengan harapan agar Raiz dapat memberikan lebih banyak pilihan dan kesempatan bagi para investornya, khususnya mereka yang ingin investasinya sesuai dengan kaidah syariah.

“Dalam Islam sendiri menumpuk harta merupakan hal yang dilarang, sehingga berinvestasi sesuai landasan Syariah yang dapat memberikan kontribusi untuk orang lain merupakan hal yang dianjurkan.”

Ada Pertanyaan? whatsapp