Wawasan Mingguan Pasar Indonesia: Volatilitas Pasar Modal Kembali Naik . . . Akankah Kembali Mereda? - Raiz Invest

Pasar saham bergerak menguat tipis dalam satu minggu terakhir dengan IHSG ditutup menguat 0,25%. Akan tetapi, LQ45 ditutup melemah 1,08% sepekan terakhir. Mungkin Raizers bertanya-tanya kenapa IHSG ditutup menguat sedangkan LQ45 ditutup melemah?

Kalau Raizers ingat bahwa LQ45 beranggotakan saham-saham blue chip; sedangkan, mayoritas saham yang mendorong kenaikan IHSG dalam satu minggu terakhir bukanlah saham-saham yang termasuk dalam termasuk LQ45.

Walaupun demikian, volatilitas pasar saham akan sedikit meningkat seiring dengan kasus COVID-19 yang masih tinggi disebabkan oleh varian Delta yang lebih cepat menular dibandingkan dua varian sebelumnya.

Sumber: Bloomberg, Raiz Invest Indonesia

Dari sisi obligasi, yield obligasi Pemerintah 10 tahun tidak banyak bergerak dalam seminggu terakhir. Yield SUN 10 tahun yang tidak banyak bergerak dikarenakan investor asing yang masih masuk ke pasar obligasi dan Rupiah yang mulai bergerak stabil.

Sumber: Bloomberg, Raiz Invest Indonesia

Kenaikan volatilitas yang terjadi dalam satu minggu terakhir masih dipicu oleh hal yang sama, yaitu kenaikan kasus COVID-19 yang signifikan dibandingkan Lebaran tahun lalu sehingga berpotensi membuat sistem kesehatan Nasional berpotensi untuk collapse.

Walaupun demikian, kami melihat bahwa volatilitas pasar modal akan mereda karena program vaksinasi yang terus digencarkan oleh Pemerintah dan mempermudah syarat bagi seluruh warga Indonesia untuk mendapatkan vaksin. Sekarang adalah waktu yang tepat bagi Raizers untuk menambah saldo Reksa Dana, baik untuk mempersiapkan dana darurat ataupun menabung untuk kebutuhan jangka panjang.

 Ingat, investasi Reksa Dana adalah investasi jangka panjang.

PRODUK PERFORMA 1 MINGGU PERFORMA (30 DECEMBER 2020 – 25 JUNI 2021)
IHSG 0,25% 0,72%
LQ45 -1,08% -8,67%
Yield SUN 10 tahun 1bps 66bps
PASAR UANG
Avrist Likuid Fund 0,06% 1,86%
Manulife Dana Kas Syariah 0,05% 1,41%
PENDAPATAN TETAP
Avrist Bond Fund 0,23% 0,58%
Manulife Syariah Sukuk Indonesia 0,09% -0,15%
SAHAM    
Avrist Indeks LQ45 -1,07% -7,41%

Sumber: Infovesta, Raiz Invest Indonesia

DISCLAIMER

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

 

 

 

Investasi Sekarang! Download E-book Belajar Investasi Untuk Pemula


Ada Pertanyaan? whatsapp