Wawasan Mingguan Pasar Indonesia: Perisapan Investasi di 4Q-2021 melalui Reksa Dana Pendapatan Tetap atau Reksa Dana Saham - Raiz Invest

Pasar saham ditutup melemah dalam seminggu terakhir. IHSG ditutup melemah 0,52% dan LQ45 juga ditutup melemah 0,43% dalam sepekan terakhir. Pelemahan yang terjadi pada pasar saham disebabkan oleh aksi profit taking oleh investor retail dan investor institusi setelah pasar saham ditutup menguat dalam dua minggu terakhir. Menurut kami hal ini merupakan hal yang wajar karena pelemahan yang terjadi di pasar saham bukan disebabkan oleh event global ataupun domestik.

Dari sisi obligasi, yield SUN 10 tahun juga mengalami pelemahan dengan yield naik 3bps dalam sepekan terakhir. Pelemahan pasar obligasi juga disebabkan oleh aksi profit taking setelah yield menyentuh level 6,13% pada akhir minggu lalu. Kendati demikian, kita melihat likuiditas domestik yang masih melimpah, inflasi yang masih terjaga, cadangan devisa yang tinggi dan level CAD yang terjaga membuat yield obligasi Pemerintah masih menarik bagi investor asing di tengah level suku bunga acuan bank sentral yang rendah.

Melihat kondisi pasar saham dan pasar obligasi sekarang, kita masih tetap merekomendasikan investasi pada Reksa Dana Pendapatan Tetap atau Reksa Dana Saham. Menurut kami, kedua aset kelas ini mempunyai potensi imbal hasil yang baik di 4Q-2021 seiring dengan penurunan level PPKM (berpotensi menaikkan pertumbuhan ekonomi) dan fundamental pasar modal Indonesia yang lebih kuat sehingga dapat meminimalisir dampak sentiment negatif, seperti rencana pengurangan stimulus oleh Federal Reserve pada akhir tahun ini.

Tips Investasi Minggu ini:

Walaupun demikian, Raizers tetap harus memperhatikan risiko profil masing-masing sebelum berinvestasi ke Reksa Dana Pendapatan Tetapi atau Reksa Dana Saham. Kedua Reksa Dana tersebut mempunyai tingkat risiko dan imbal hasil yang berbeda sehingga perlu disesuaikan oleh Raizers terlebih dahulu. Ditambah, investasi pada kedua Reksa Dana tersebut juga mempunyai jangka waktu investasi yang berbeda sehingga Raizers juga perlu menyesuaikan target investasi dengan Reksa Dana pilihan masing-masing.

DISCLAIMER

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel adalah untuk tujuan informasi umum saja dan tidak dimaksudkan untuk memberikan saran atau rekomendasi khusus untuk individu atau produk keamanan atau investasi tertentu. Ini hanya dimaksudkan untuk memberikan edukasi tentang industri keuangan. Pandangan yang tercermin dalam konten dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Seluruh data kinerja dan return investasi yang tertera di artikel ini tidak dapat digunakan sebagai dasar jaminan perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Investasi Sekarang! Download E-book Belajar Investasi Untuk Pemula


Ada Pertanyaan? whatsapp