Bijak dan Cerdas Kelola THR untuk Kebutuhan Jangka Panjang (Tips Keuangan dari Ternak Uang) - Raiz Invest

Tunjangan Hari Raya, atau yang populer disebut THR, memang jadi hal yang paling ditunggu oleh para pekerja di Indonesia. Faktanya, Indonesia sepertinya adalah satu-satunya negara yang memiliki tradisi ini menjelang hari raya Idulfitri loh! 

Negara lain yang diketahui memiliki kebijakan ini adalah Belanda dan Denmark, disebut dengan Holiday Allowance. Bedanya, besarannya “hanya” 8% dari gaji pokok, atau 8.33% dari upah untuk pekerja kontrak. Namun, pemberian gaji tambahan setiap tahun ini dianggap memberatkan oleh para pemilik perusahaan di negara-negara tersebut, sehingga banyak yang mengakalinya dengan “mencicil” setiap bulan.

Nah, bayangkan di Indonesia yang dalam aturan resmi mewajibkan pemilik perusahaan memberikan tunjangan sebesar satu kali gaji pokok, atau sesuai kesepakatan kerja. Relatif cukup besar ya? Namun, hal ini juga ada pengaruh taraf hidup dan besaran gaji rata-rata yang berbeda antara Indonesia dengan Belanda.

Tetapi, bagaimanapun, besar atau kecil, Tunjangan Hari Raya atau THR sebaiknya dikelola dengan bijak dan cerdas, agar tak hanya sekadar lewat. Bagaimana caranya? Jangan hanya fokus pada kebutuhan jangka pendek, tetapi juga pada kebutuhan jangka panjang. Apa saja?

Yuk, kita simak cara mengalokasikan Tunjangan Hari Raya agar bermanfaat dalam jangka waktu panjang.

Pos yang Bisa Dialokasikan untuk Tunjangan Hari Raya

1. Cicilan utang

Cicilan utang yang tertunda bisa jadi masalah di kemudian hari. Untuk menghindarinya, lunasilah pinjaman dana yang bisa dibayar lebih cepat dengan menggunakan Tunjangan Hari Raya. 

Salah satunya adalah utang kartu kredit. Dengan bunga yang tinggi, dan jumlah pinjaman besar, kadang kita hanya bisa membayarnya secara minimum payment. Hal ini justru membuat tagihan membengkak, apalagi kalau sampai terlambat bayar cicilan. Ada denda sekian persen yang jadi tambahan beban keuangan.

Lunasilah utang-utang tipe ini dengan segera, salah satunya bisa dengan memanfaatkan THR. Hidup akan lebih lega, tanpa cicilan utang loh!

2. Bayar premi

Premi asuransi jiwa umumnya juga cukup tinggi, yang biasanya dibayar per tahun sehingga menjadi salah satu pengeluaran tahunan. Karena itu, ini juga jadi alokasi yang tepat untuk penghasilan tahunan, seperti Tunjangan Hari Raya.

Jika memang memungkinkan, alokasikan THR untuk membayar premi asuransi jiwa yang harus dibayar tahun ini. Manfaatnya bisa didapatkan dalam jangka waktu yang panjang, bukan?

3. Investasi

Pos investasi juga bisa menjadi salah satu alokasi pos yang pas untuk Tunjangan Hari Raya. Manfaatnya jelas akan bisa kamu dapatkan dalam jangka waktu yang panjang juga.

Beberapa tujuan keuangan yang bisa dicapai seperti dana darurat, dana pendidikan anak, dana beli rumah, dana ibadah haji, sampai dana pensiun. Beberapa instrumen investasi yang cocok adalah saham, reksa dana, sampai peer to peer lending.

Kamu bisa topup investasi dari portofolio yang sudah kamu miliki, atau bisa juga menambah investasi baru. Jangan lupa untuk melakukan riset dan analisis, untuk disesuaikan dengan tujuan keuangan dan juga kemampuanmu ya.

4. Belajar keuangan

Alokasi lain yang bisa memanfaatkan uang Tunjangan Hari Raya demi kebutuhan jangka panjang adalah untuk investasi leher ke atas, alias belajar keuangan dengan lebih mendalam lagi.

Hal ini penting loh! Pasalnya, belajar keuangan tak hanya sebatas bagaimana kita mampu menghasilkan uang, dan kemudian menggunakannya saja. Belajar keuangan jauh lebih luas daripada pengertian itu, karena tak hanya kebutuhan hari ini, tetapi juga belajar untuk memproyeksikan kebutuhan di masa yang akan datang.

Belajar keuangan meliputi menjaga kesehatan cash flow, melengkapi proteksi, menyusun tujuan keuangan, mengenal berbagai produk investasi dan bagaimana penerapan terbaiknya, sampai soal pajak.

Apabila kamu tertarik untuk belajar keuangan dan membutuhkan informasi lain mengenai dunia investasi, silakan bergabung dengan academy Ternak Uang. Sebagai platform digital yang bergerak di bidang finansial, Ternak Uang menyediakan ribuan konten untuk belajar keuangan dan investasi dengan berbagai instrumen.

Yuk, gabung jadi member Ternak Uang! Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, mulai dari akses video modul-modul pembelajaran, ikutan berbagai event, dan masih banyak lagi! Segera daftarkan dirimu, dan mulai langkah pertama untuk sukses menjadi investor!

Investasi Sekarang! Download E-book Belajar Investasi Untuk Pemula


Ada Pertanyaan? whatsapp